Pelatih baru Timnas Belanda

Timnas Belanda Tunjuk Dick Advocaat Sebagai Pelatih

Achmad Firdaus    •    09 Mei 2017 22:12 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Timnas Belanda Tunjuk Dick Advocaat Sebagai Pelatih
Dick Advoocaat saat mendampingi Fenerbahce menghadapi Manchester United di Liga Europa (Foto: AFP PHOTO / OLI SCARFF)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Setelah dua bulan mencari, Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) akhirnya menemukan sosok pelatih baru untuk skuat De Oranje. Bukan muka baru, sosok yang dipercaya menakhodai timnas Belanda untuk berjuang pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018 adalah Dick Advocaat.

Advocaat resmi didapuk sebagai pelatih baru Belanda pada Selasa pagi 9 Mei 2017. Dia ditunjuk untuk menggantikan posisi Danny Blind yang dipecat pada akhir Mei lalu. Selama bertugas, Advocaat akan dibantu oleh legenda hidup Belanda dan AC Milan, Ruud Gullit sebagai asisten pelatih.

"Ada dua skenario yang kami siapkan, yakni mempersiapkan tim untuk masa depan atau kami melakukan segalanya untuk bisa tampil di Piala Dunia 2018. Kami memilih skenario kedua," ujar direktur teknik Timnas Belanda, Hans van Breukelen.
 

Baca: Belanda Mencari Nakhoda Menuju Rusia


Dengan ditunjuk sebagai pelatih Belanda, Advocaat harus melepas jabatannya saat ini sebagai pelatih Fenerbahce pada akhir musim ini.

Ini merupakan periode ketiga Advocaat sebagai pelatih Belanda. Sebelumnya, ia sempat dipercaya menukangi skuat De Oranje pada periode 1992-1994 and 2002-2004. Ia juga sempat tiga kali menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Belanda.

Mantan pelatih Sunderland dan Timnas Rusia ini juga tercatat sebagai pelatih tertua dalam sejarah timnas Belanda. Dengan usia 69 tahun, Advocaat memecahkan rekor Guus Hiddink yang mundur dari jabatan pelatih Timnas Belanda pada 2015 lalu di usia 68 tahun.

Tugas Advocaat pada periode ketiganya di Timnas Belanda kali ini terbilang cukup sulit karena harus membawa Belanda lolos ke Piala Dunia 2018.
 

Baca juga: Catatan Buruk Belanda, Sampai Pemecatan Danny Blind


Saat ini, Belanda masih tercecer di urutan empat klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa dengan koleksi 7 poin dari lima laga. Finalis Piala Dunia 2010 ini berada di bawah Bulgaria (9), Swedia (10) dan Prancis yang berada di puncak klasemen dengan koleksi 13 poin.

Sesuai regulasi FIFA, hanya masing-masing juara dari tiap grup yang berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2018. Sementara, runner-up harus melakoni play-off untuk memperebutkan empat tiket tersisa.

Secara matematis, Belanda masih punya peluang lolos asalkan mampu meraih hasil maksimal di lima laga tersisa. Misi Advocaat untuk menyelamatkan gengsi Belanda di babak kualifikasi Piala Dunia, akan diawali dengan laga kontra Luksemburg (10/6), lalu diikuti Prancis (1/9), Bulgaria (3/9), Belarusia (8/10) dan Swedia pada 11 Oktober 2017.

Video: ?Newcastle United Sabet Gelar Juara Divisi Championship
 


(ACF)

Black Eyed Peas Bakal Guncang Panggung Final Liga Champions
Jelang Final LIga Champions 2016--2017

Black Eyed Peas Bakal Guncang Panggung Final Liga Champions

1 hour Ago

Grup vokal bergenre hip-hop ini akan tampil sebelum kick off pertandingan antara Real Madrid da…

BERITA LAINNYA
Video /