Pada Hari Ini

1975: Hari Lahir Mark Viduka, Striker Menjanjikan Australia

Alfa Mandalika    •    09 Oktober 2017 10:06 WIB
pada hari ini
1975: Hari Lahir Mark Viduka, Striker Menjanjikan Australia
Mark Viduka. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tepat pada hari ini 9 Oktober 1975, striker asal Australia, Mark Anthony Viduka lahir ke dunia. Dia dilahirkan di Melbourne, Victoria, Australia.

Meski lahir dan besar di negara yang kurang menggemari sepak bola, Viduka tetap fokus menggeluti dunia bola sejak belia. Ia memulai kariernya di klub muda Australia Institute of Sport (AIS) di Canberra.

Setahun menimba ilmu di AIS, ia bergabung dengan Melbourne Knights pada 1993. Kemudian, ia menembus tim nasional Australia pada Juni tahun berikutnya. Di Melbourne Knights, ia menjadi top skorer terbanyak di National Soccer League (NSL) dan dua kali mendapatkan penghargaan pemain terbaik NSL 1993 -- 1994 dan 1994 -- 1995.

Bermain selama tiga musim di Melbourne Knights, Viduka memutuskan hijrah ke Dinamo Zagreb. Bersama tim Kroasia itu, ketangguhan Viduka diuji. Dia harus menghadapi lawan yang lebih tangguh pada setiap pertandingan di Liga Kroasia.

Baca: Perjalanan Manis Inggris


Viduka pun berhasil memberikan jawaban kepada fan Dinamo Zagreb. Gelar juara Liga Kroasia ia persembahkan selama tiga musim beruntun 1995 -- 1996, 1996 -- 1997, dan 1997 -- 1998. Bersama Dinamo Zagreb, Viduka merasakan persaingan di pentas Liga Europa dan Liga Champions.

Viduka kemudian melanjutkan petualangannya bersama klub Skotlandia, Celtic. Dua tahun di sana, Viduka memberikan gelar juara Liga Skotlandia pada 1999 -- 2000.

Lalu, pada 2000 -- 2001, Viduka diboyong ke Leeds United oleh pelatih David O'Leary. Dia direkrut dengan mahar sebesar 6 juta poundsterling. Viduka langsung nyetel saat melakoni musim perdananya dengan mengemas 22 gol.  

Menjalani musim perdana, Viduka langsung mencuri perhatian dengan menciptakan empat gol saat menang atas Liverpool di Elland Road. Sejak saat itu, nama Viduka menjadi perbincangan.

Baca: Jerman Sempurna


Akan tetapi, karena kesulitan keuangan melanda Leeds akhirnya satu per satu pemain bintangnya dijual. Viduka menjadi nama yang dilego ke Middlesbrough pada 2004.

Bersama Middlesbrough, Viduka memainkan tiga musim di sana dan mencetak 26 gol. Lalu, pada 2007, Viduka pindah ke Newcastle United dengan status bebas transfer. The Toon Army tercatat sebagai klub profesional terakhir Viduka.

Sementara di pentas Piala Dunia, Viduka membawa Australia tampil di Piala Dunia 2006. Sayang, langkah Australia terhenti pada babak 16 besar usai disingkirkan Italia.

Video: Timnas U-19 Menang 3-0 atas Thailand


(ASM)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

20 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /