Jelang Piala Dunia 2018

Jelang Piala Dunia, Federasi Sepak Bola Rusia Dihukum FIFA

Krisna Octavianus    •    09 Mei 2018 00:39 WIB
piala dunia 2018
Jelang Piala Dunia, Federasi Sepak Bola Rusia Dihukum FIFA
Paul Pogba saat berlaga melawan Rusia di St Petersburg. Dia menjadi salah satu korban rasial dari pendukung Rusia. (Foto: AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Zurich: Persatuan Sepak bola Rusia (RFU) mendapat kabar buruk jelang perhelatan Piala Dunia 2018. Mereka didenda 30.000 franc Swiss (Rp420 juta) karena nyanyian rasial selama laga persahabatan antara Rusia dan Prancis di St Petersburg.

Dalam laga tersebut, tuan rumah Rusia harus mengakui keunggulan Prancis 1-3. Paul Pogba dan Ousmane Dembele menjadi "target" diskriminasi pendukung Rusia. Mereka menirukan suara-suara monyet yang ditujukan kepada dua pemain itu.

Setelah penyelidikan oleh Komite Disipliner, FIFA telah memutuskan untuk bertindak karena insiden itu benar terjadi. 

"FIFA tidak memiliki toleransi terhadap diskriminasi dan telah menerapkan serangkaian langkah untuk memerangi diskriminasi dan mempromosikan keragaman, termasuk sistem pemantauan anti-diskriminasi, yang telah aktif sejak 2015, untuk mengamati dan melaporkan semua 871 pertandingan 2018 kualifikasi Piala Dunia FIFA dan, pertandingan Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018, "demikian pernyataan dari FIFA.

"Pada turnamen, termasuk Piala Dunia FIFA 2018, FIFA juga telah memperkenalkan prosedur tiga langkah dalam kasus insiden diskriminatif, yang memungkinkan wasit untuk secara aktif campur tangan untuk membuat perilaku diskriminatif berhenti."

Di tempat lain, mantan sekretaris jenderal Asosiasi Sepak Bola Guatemala, Hector Trujillo dihukuam dengan larangan hidup berkecimpung dari semua kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola oleh Komite Etika independen FIFA.

Larangan itu mulai berlaku segera dan Trujillo, yang mengaku bersalah di pengadilan Amerika Serikat karena membiayai penipuan dan kecurangan pada Juni tahun lalu, juga telah didenda USD200 ribu (Rp2,8 miliar).

 


(KRS)


Kaos Kaki Danny Rose Dibolongi karena Alasan Medis

Kaos Kaki Danny Rose Dibolongi karena Alasan Medis

38 minutes Ago

Rose membolongi kaos kakinya saat membela timnas Inggris di perebutan juara tiga Piala Dunia 20…

BERITA LAINNYA
Video /