Timnas Jerman

Oezil bukan Alasan Utama Kegagalan Jerman

Gregorius Gelino    •    02 Agustus 2018 14:15 WIB
timnas jerman
Oezil bukan Alasan Utama Kegagalan Jerman
Mesut Oezil. (Foto: AFP/Patrik Stollarz)

Leverkusen: Pemain Timnas Jerman, Julian Brandt, membela rekan senegaranya, Mesut Oezil, dari kritik berbagai pihak. Seperti diketahui, Jerman harus angkat kaki lebih dulu di Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menempati posisi juru kunci di grupnya.

Kegagalan Die Mannschaft dikaitkan dengan penampilan Oezil yang dinilai buruk. Terutama setelah swafotonya bersama presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, tersebar di media sosial. Kritikan keras terhadap tingkah laku Oezil semakin deras.

"Bahwa topik ini (swafoto dengan Erdogan) masih ada merupakan satu hal, tapi itu tidak mengalihkan fokus kami di Piala Dunia,' ujar Brandt kepada Kicker. 

Baca: Timnas Sepak Bola Irak Mundur dari Asian Games 2018


"Itu bukan topik yang dibicarakan di dalam skuat," lanjut winger Bayer Leverkusen tersebut.

Penampilan buruk Jerman dan fakta bahwa Oezil berswafoto dengan diktator Turki itu menjadikannya kambing hitam oleh masyarakat Jerman. Bahkan Oezil sempat menjadi sasaran hinaan rasial oleh sebagian pendukung Jerman dan oknum ofisial DFB (PSSI-nya Jerman).

"Mesut (Oezil) bukanlah alasan kegagalan kami, ia mungkin melakukan beberapa kesalahan, dan dia tidak menampilkan performa terbaiknya, tapi kami semua juga tidak menampilkan yang terbaik," tutup pemain berusia 22 tahun tersebut.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Mengenal Si Kembar Andalan Timnas U-16


(ASM)