Piala AFF U-18

Saddil: Thailand Kuat, tapi Punya Kelemahan!

Achmad Firdaus    •    14 September 2017 23:53 WIB
timnas u-19piala aff u-19
Saddil: Thailand Kuat, tapi Punya Kelemahan!
Aksi Saddil Ramdani saat memperkuat TImnas U-22 melawan Kamboja di SEA Games 2017, Malaysia (Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas Indonesia U-19 harus menghadapi lawan tangguh, Thailand pada babak semifinal Piala AFF U-18, Jumat 15 September 2017. Gelandang timnas, Saddil Ramdani tidak memungkiri bahwa Thailand adalah lawan yang sulit dikalahkan.

Saddil bukan tanpa alasan berbicara seperti ini. Ia mengambil contoh pertemuan terakhir Timnas U-19 melawan Thailand di Piala AFF U-19 tahun 2016. Kala itu, Indonesia harus menyerah dengan skor 2-3. Thailand sendiri sukses melaju ke final, meski pada akhirnya gagal juara usai takluk dari Australia.

"Kami ingin menang besok meskipun kami pernah kalah dari mereka di 2016," ujar pemain asal Persela Lamongan itu.

Meski mengakui kekuatan Thailand, namun Saddil tak lantas pesimistis dengan peluang timnya lolos ke babak final dan mengulang sukses jadi juara Piala AFF U-19 seperti tahun 2013.
 

Baca: Hadapi Thailand, Timnas U-19 Harus Siap Fisik, Taktik dan Mental


"Tim pelatih sudah memberi tahu kami gaya bermain dan bagaimana caranya menghadapi tim Thailand. Mereka kuat, tapi pasti mereka punya kelemahan," ujar pemain bernomor punggung 15 itu.

Peluang Indonesia untuk menang pada laga semifinal nanti cukup terbuka, mengingat skuat Thailand di Piala AFF U-18 tahun ini tidak terlalu superior.

Tim muda Gajah Putih lolos ke semifinal dengan status runner-up. Meski menyapu bersih lima laga di Grup A, Thailand hanya mampu menyarangkan sembilan gol, empat gol lebih sedikit dari Malaysia yang jadi juara grup. Meski begitu, lini pertahanan Thailand menjadi yang terkuat di turnamen kali ini. Mereka baru kebobolan dua gol.
 

Baca juga: Siapapun Lawan di Semifinal, Timnas U-19 Tak Akan Gentar


Sementara Indonesia kebalikannya. Timnas U-19 merupakan tim paling produktif di Piala AFF U-18 tahun ini. Egy Maulana Vikri dkk sudah menyarangkan 19 gol, atau dua gol lebih banyak dari Myanmar.

Namun, untuk urusan pertahanan, Timnas U-19 menjadi tim yang paling lemah dari empat tim pada babak semifinal. Gawang Indonesia sudah kebobolan empat gol.

Fakta ini tentunya harus mendapatkan perhatian serius dari Indra Sjafri dan para penggawa Indonesia. Terlebih, pada laga nanti Indonesia tidak akan diperkuat kiper andalannya, Muhammad Riyandi yang cedera. Posisinya kemungkinan akan digantikan kiper kedua Muchamad Aqil Savik yang sejauh ini sudah kebobolan tiga gol (saat melawan Vietnam). 

Video: ?Rafly Nursalim Jadikan Tekanan Sebagai Motivasi
 


(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

23 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /