Timnas Italia 'Dicekoki' Musik Miley Cyrus agar Tambah Semangat

Gregah Nurikhsani Estuning    •    05 September 2018 11:37 WIB
soccertainmenttimnas italia
Timnas Italia '<i>Dicekoki</i>' Musik Miley Cyrus agar Tambah Semangat
Roberto Mancini (ketiga dari kiri) memimpin sesi latihan timnas Italia. (Foto: AFP PHOTO / MARCO BERTORELLO)

Roma: Roberto Mancini tengah menerapkan metode baru di timnas Italia. Ia menyetel musik di sesi latihan guna menambah semangat anak asuhnya.

Untuk pertama kalinya, musik dimainkan dari speaker perangkat telepon genggam para penggawa timnas Italia saat mereka menjalankan sesi latihan.

Buat Gianluigi Donnarumma, kiper Gli Azzurri, ini merupakan pengalaman baru. Umumnya, musik hanya disetel di ruang ganti, itu pun sekadar untuk relaksasi semata.

Klik: Mengenal UEFA Nations League, Kompetisi Anyar Negara-negara Eropa

"Ini hal baru. Tiga tahun saya di sini, biasanya hanya mendengarkan musik di ruang ganti. Menyetel musik langsung dari gawai sangat dilarang, terutama saat latihan," ujar Donnarumma.

Metode yang diterapkan Mancini rupanya adalah upaya untuk meningkatkan antusiasme para pemain. Pilihan musik masih terbatas, dan Mancini sendiri yang menentukan.

"Kemarin misalnya, kami latihan sambil mendengarkan musik. Awalnya agak canggung, lalu saya bertanya pada pelatih kiper, apa ini sebenarnya. Dia menjelaskan bahwa Mancini memang suka seperti itu agar bisa menambah semangat serta antusiasme ketika latihan," sambungnya.

Menurut keterangan dari ESPN, Mancini menyiapkan playlist yang beragam, misalnya Queen, Miley Cyrus, Rolling Stones, sampai The Killers. Tidak ada lagu-lagu khas Italia yang masuk dalam playlist tersebut.

Selain musik, ada yang baru pada sesi latihan timnas Italia, yakni lima pemain anyar yang belum pernah mengenakan seragam timnas senior. Salah satu dari mereka, Marco Benassi menghargai kepercayaan Mancini kepada pemain muda sepertinya.

"Keputusan Mancini sudah tepat. Pemain-pemain muda seperti saya memang seharusnya mendapat kepercayaan lebih. Andrea Stramaccioni (mantan pelatih Inter) pernah membuat saya melakoni debut saat saya masih berusia 18 tahun," kata gelandang Fiorentina itu.

Italia akan menghadapi Polandia di Bologna hari Jumat besok. Tiga hari berselang, mereka langsung tandang ke Portugal pada pertandingan bertajuk UEFA Nations League.

Video: Data & Fakta Venue Jetski Asian Games 2018
 


(PAT)


Video /