Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Swiss Permalukan Irlandia dengan Tendangan Penalti

Kautsar Halim    •    10 November 2017 08:00 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Swiss Permalukan Irlandia dengan Tendangan Penalti
Selebrasi kemenangan para pemain Swiss atas Irlandia Utara. (AFP PHOTO / Paul FAITH)

Belfast: Swiss berhasil menaklukkan Irlandia Utara pada leg pertama Playoff Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Jumat 10 November dini hari WIB. Kemenangan itu mereka raih dengan skor tipis 1-0 di Stadion Windsor Park yang merupakan markas Irlandia Utara.

Bukan tugas mudah bagi Irlandia Utara ketika menjamu Swiss. Meski berstatus tuan rumah dan didukung puluhan ribu suporternya, Swiss tetap mendominasi permainan dan bahkan mampu menciptakan peluang  lebih banyak.


Klik: Gebuk Yunani, Kroasia Makin Berpeluang Menuju Piala Dunia


Kendati demikian, Irlandia Utara juga tidak menyerah begitu saja. Pertahanan yang mereka bangun terbukti mampu mempersulit para penyerang Swiss hingga akhirnya tidak ada satu pun gol yang tercipta babak pertama.

Setelah berkali-kali menggempur Irlandia Utara, gol yang ditung-tunggu Swiss akhirnya muncul pada menit ke-58. Gol tersebut dicetak Ricardo Rodrigues lewat titik putih penalti karena salah satu pemain Swiss menyentuh bola dengan tangan di area terlarang.


Klik: Nazar Ekstrem Aguero dan Messi jika Argentina Juara Piala Dunia


Irlandia Utara memberani diri untuk tampil menyerang setelah tertinggal. Namun, kualitas para bek Swiss masih lebih baik ketimbang para penyerang tuan rumah. Skor tipis 0-1 untuk keunggulan Swiss itu akhirnya bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini berarti besar bagi Swiss karena fase play off Kualifikasi Piala Dunia 2018 dimainkan dengan format kandang tandang. Jadi, Swiss hanya butuh hasil imbang saja pada leg kedua untuk memastikan tiket Piala Dunia.

Leg kedua bakal makin menguntungkan karena pertandingannya akan bergulir di St. Jakob Park, Basel, yang merupakan markas Swiss. Laga tersebut dijadwal berlangsung pada Senin 13 November pukul 00.00 WIB.

Susunan Pemain

Irlandia Utara: McGovern, McLaughlin, McAuley, J Evans, Brunt, Norwood, C Evans, Davis, Magennis, Lafferty, Dallas.

Swiss: Sommer; Lichtsteiner, Schar, Akanji, Rodríguez, Zakaria, Xhaka; Shaqiri, Dzemaili, Zuber, Seferovic.

 


(KAU)

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di <i>Matchday</i> 5? Ini Hitung-hitunganya!
Liga Champions 2017--2018

Siapa Lolos, Siapa Tersingkir di Matchday 5? Ini Hitung-hitunganya!

2 hours Ago

Sebanyak 12 tim berpeluang mengikuti jejak empat tim yang sebelumnya sudah lebih dulu lolos ke …

BERITA LAINNYA
Video /