Piala AFF U-16

10 Pemain Timnas U-16 Bantai Vietnam

Kautsar Halim    •    02 Agustus 2018 21:21 WIB
piala afftimnas u-16
10 Pemain Timnas U-16 Bantai Vietnam
Pesepak bola Indonesia U-16 Amirudin Bagus Kahfi (kiri) melakukan selebrasi gol. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Sidoarjo: Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan di laga lanjutan fase Grup A Piala AFF 2018 U-16. Kali ini, giliran Vietnam yang menjadi korban karena skor berkesudahan dengan skor telak, 4-2.

Jalannya pertandingan berlangsung sengit di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis 2 Agustus. Indonesia yang mampu mendominasi serangan malah tertinggal lebih dulu ketika laga baru bergulir enam menit.  

Gol pembuka Vietnam dicetak Dinh Thanh Trung pada menit ke-6. Lahirnya gol tersebut tak lepas dari kesalahan bek Indonesia saat menyapu bola.

Dinh Thanh Trung tidak terlihat kesulitan saat mencetak gol itu karena ia hanya tinggal melancarkan tendangan keras terhadap bola liar yang mengalir di depan gawang Indonesia.

Tidak lama setelah gol itu tercipta, Mochammad Supriadi langsung dimasukkan untuk menggantikan Amanar Abdillan. Strategi ini terbilang jitu lantaran Indonesia tampil lebih agresif hingga akhirnya bisa menyamakan kedudukan.

Klik: Data dan Fakta Jelang AFF U-16 Vietnam vs Indonesia

Gol penyeimbang Indonesia dicetak Supriyadi pada menit ke-29. Prosesnya terlihat sangat apik karena dilakukan dengan aksi individu sambil melewati tiga bek Vietnam.

Indonesia masih mendominasi penguasaan bola ketika kedudukan menjadi imbang 1-1. Namun, tidak ada gol tambahan dari kedua tim hingga peluit turun minum berbunyi.

Tensi pertandingan makin tinggi ketika memainkan babak kedua. Baik Indonesia maupun Vietnam tampil lebih terbuka untuk mencetak gol. Saking kerasnya laga, wasit terpaksa mengeluarkan dua kartu merah.

Babak kedua baru bergulir empat menit, Indonesia sudah langsung membalikkan keadaan melalui gol tendangan penalti Amiruddin Bagas Kaffa Arrizqi. Hadiah penalti diberikan karena salah satu pemain Indonesia ditarik hingga terjatuh di area terlarang.

Klik: PSSI Tak Keberatan Ezra Keluar dari Timnas U-23

Unggul satu gol tidak membuat Indonesia puas. Para pemain Indonesia masih bersemangat melancarkan serangan hingga akhirnya Amirudin Bagus Kahfi Alfikri memperbesar keunggulan pada menit ke-60. Gol tercipta apik setelah menyontek umpan tarik Bagas yang merupakan saudara kembarnya.

Sekitar menit ke-65 wasit terpaksa memberikan kartu merah kepada Bagas dan Vo Nguyen Hoang yang terlibat keributan di tengah lapangan. Setelah itu, pertandingan dilanjutkan kembali tanpa mengurangi intensitas serangan sebelumnya.

Setelah susah payah menggedor pertahanan Indonesia, Vietnam akhirnya bisa mencetak gol kedua melalui tendangan penalti Dinh Thanh Trung pada menit ke-71. Wasit memberikan hadiah penalti karena salah satu pemain Vietnam yang dijatuhkan di kotak terlarang. 

Vietnam berhasil mendominasi serangan ketika laga memasuki injury time. Namun, situasi itu membuat lini pertahanannya lengang dan mempermudah Indonesia mencetak gol penutup melalui Andre Oktaviansyah pada menit 80+2.  Laga pun berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Indonesia.

Kemenangan ini membuat Indonesia makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 9 poin. Selanjutnya, mereka tinggal menghadapi Timor Leste dan Kamboja untuk memastikan tempat di semifinal.

Susunan Pemain

Indonesia U-16: Ernando; Bagas, Komang, Fadilah,Yudha; David, Brylian, Andre; Yadi, Sutan Zico, Amanar

Vietnam U-16: Nguyen Duy Dung; Vo Quoc Dan, Pham Van Dat, Vu Tien Long, Trnh Quang Truong; Vo Minh Dan, Trinh Van Chung, Ngo Duc Hoang; Vo Nguyen Hoang, Din Thanh Trung, Ngo Thanh Trung



(ACF)