Pada Hari Ini

2001: Kisah Mula Liga Champions Wanita Digelar

Patrick Pinaria    •    14 Agustus 2017 09:55 WIB
pada hari ini
2001: Kisah Mula Liga Champions Wanita Digelar
Trofi Liga Champions Wanita (Foto: UEFA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 14 Agustus 2001 atau 16 tahun silam, menjadi momen penting bagi dunia persepak bolaan wanita di Eropa. Bagaimana tidak. Saat itu, Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) resmi menggelar kompetisi Piala UEFA (saat ini dikenal dengan Liga Champions wanita) khusus untuk wanita.

UEFA punya alasan mendirikan Piala UEFA pada 2001. Mereka membentuk kompetisi tersebut karena minat yang tinggi terhadap sepak bola wanita di seluruh Eropa.

Ini merupakan satu-satunya kompetisi Eropa pertama yang didirikan untuk wanita, Kemudian Piala UEFA diganti namanya menjadi Liga Champions pada 2010.

Baca: Tottenham Petik Poin Penuh di Markas Newcastle

Molodova FC Codru Chisinau dan NK Ilirija menjadi dua tim wanita Eropa yang mendapat kesempatan perdana tampil di Liga Champions pada 14 Agustus. Ketika itu, kedua tim bertarung di babak kualifikasi untuk lolos ke babak penyisihan grup.

Pada laga tersebut, Codru mampu menunjukkan penampilan impresif. Tak tanggung-tanggung, mereka sukses mengalahkan Ilirija dengan skor 9-0.

Gabriela Enache menjadi pencetak gol terbanyak bagi Codru. Ia sukses mencetak empat gol pada menit kedua, ke-23, ke-36, dan ke-72. Sisanya, Codru mencetak gol melalui Svetlana Frisko (14', 90'), Angela Toma (26'), Marianna Berinczan (66'), dan Jozefina Deliu (77').

Baca: Ditaklukkan Madrid, Valverde Tetap Puji Permainan Barcelona

Usai itu, Codru sukses melanjutkan tren positif mereka saat bertandang ke markas Ilirija pada leg kedua. Mereka mampu menang dengan skor identik 9-0 dan berhak lolos ke penyisihan grup.

Dalam penyisihan grup, Codru sukses meraih kemenangan saat menghadapi Armenia's College Sports Club dengan skor identik 9-0. Namun, Codru gagal melanjutkan tren positif itu dan tersingkir di babak penyisihan grup setelah menelan kekalahan dari Levante dan Frankfurt. (TDIFH)


Video: Barcelona Rekrut Paulinho

 


(PAT)

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik <i>Winger</i> Juventus
AS Roma 2017--2018

Menyerah Kejar Mahrez, Roma Bidik Winger Juventus

1 hour Ago

Setelah tak lagi melakukan pengejaran kepada Riyad Mahrez, AS Roma dilaporkan mempertimbangkan …

BERITA LAINNYA
Video /