Pada Hari Ini

1970: Hari Lahir Cafu, Bek Kanan Bergelimang Prestasi

Alfa Mandalika    •    07 Juni 2017 06:00 WIB
pada hari ini
1970: Hari Lahir Cafu, Bek Kanan Bergelimang Prestasi
Momen Cafu saat mengangkat trofi Piala Dunia 2002. (Foto: AFP/Antonio Scorza)

Metrotvnews.com: Brasil boleh dibilang negara yang tak pernah kehabisan stok pesepak bola hebat. Dari posisi penjaga gawang hingga penyerang, Brasil selalu punya pemain oke di setiap posisi tersebut.

Pada era 90an hingga 2000an awal, Brasil punya bek kanan berkarakter seperti Cafu. Pemain bernama asli Marcos Evangelista de Morais itu seakan menjadi garansi di sisi kanan timnas Brasil.

Selain punya kualitas ciamik, ia punya kharisma memimpin yang luar biasa. Terbukti, ia mampu menjadi kapten yang dihormati oleh rekan setimnya.

Dan tepat pada hari ini, 7 Juni 1970, Cafu lahir ke dunia. Seperti kebanyakan anak-anak di Brasil, ia sudah menyukai sepak bola sejak usia dini. Lalu, ia masuk tim junior Sao Paulo pada 1988. Dua tahun di tim junior, Cafu menembus skuat senior Sao Paulo pada 1990.

Baca: Peter Bosz, Pelatih Baru Borussia Dortmund


Setelah itu, ia membela Sao Paolo selama empat tahun sebelum menuju Spanyol bergabung dengan Real Zaragoza. Setahun di Zaragoza, ia memutuskan untuk kembali ke Brasil dan bergabung dengan tim Palmeiras.

Dua tahun kemudian, tepatnya 1997, ia berpetualang ke Italia. Ia bergabung dengan AS Roma selama enam tahun. Usai memberikan gelar scudetto untuk Serigala Ibu Kota, Cafu melanjutkan petualangan ke AC Milan. Bersama Rossoneri, Cafu memenangkan gelar scudetto dan Liga Champions.

Cafu merupakan pemain yang akrab dengan prestasi. Bersama Sau Paulo, ia memenangkan Copa Libertadores dan Piala Intercontinental. Lalu, bersama Zaragoza ia memenangkan Piala Winners.

Baca: Radja Nainggolan Enggan Bicarakan Bursa Transfer Pemain


Di level timnas, nama Cafu kian bersinar. Sebab, ia menjadi pemain Brasil dengan caps terbanyak yakni 142 laga. Selain itu, ia mampu memenangkan Piala Dunia pada 1994 dan 2002 serta dua gelar Copa America pada 1997 dan 1999.

Penampilan terakhir Cafu terjadi pada Piala Dunia 2006. Namun, ketika itu, Prancis mampu menyingkirkan Brasil pada babak perempat final.

Happy birthday, Cafu!

Video: UEFA Rilis 18 Pemain Terbaik Liga Champions Eropa
 


(ASM)

Conte Merasa Mourinho Belum Bisa <i>Move On</i> dari Chelsea
Krisis Chelsea

Conte Merasa Mourinho Belum Bisa Move On dari Chelsea

2 hours Ago

Ada baiknya menurut Conte agar Mourinho lebih fokus memikirkan United.…

BERITA LAINNYA
Video /