Piala AFF 2018

Jawa Timur Tuan Rumah Piala AFF U-19 dan U-16

Daviq Umar Al Faruq    •    30 Mei 2018 21:15 WIB
bolaliga dunia
Jawa Timur Tuan Rumah Piala AFF U-19 dan U-16
Skuat tim Indonesia U-16 (Istimewa)

Surabaya: Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur mendapatkan kepercayaan menyelenggarakan dua agenda besar PSSI tahun 2018. Yakni menjadi tuan rumah turnamen Piala AFF (Asean Football Federation) U-16 dan U-19.

Untuk turnamen Piala AFF U-19 akan digelar pada 1 Juli 2018-14 Juli 2018. Turnamen terbagi menjadi dua grup. Rencananya, turnamen digelar di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor dan di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.
 
Namun Stadion Pakansari yang juga ditunjuk sebagai salah satu venue cabang sepak bola di ajang Asian Games 2018, harus steril H-100 menjelang pelaksanaan acara.

Baca juga: Jamu Thailand, Ricky Fajrin Enggan Puasa Dijadikan Alasan

Oleh karenanya, Ketua Asprov PSSI Jatim Achmad Riyadh, mengajukan Stadion Gelora Jaka Samudra, Gresik, sebagai venue pertandingan pengganti Stadion Pakansari.

"Hasilnya, Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, dan Stadion Gelora Jaka Samudra, Gresik, telah diverifikasi dan disetujui PSSI." katanya, Rabu 30 Mei 2018.

Stadion Gelora Delta, Sidoarjo akan menjadi venue Grup A yang dihuni Thailand, Indonesia, Vietnam, Singapura, Laos, dan Filipina. 

Sedangkan Stadion Gelora Jaka Samudra, Gresik, menjadi venue Grup B yang diisi Malaysia, Myanmar, Timor Leste, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Usai penyelenggaraan Piala AFF U-19, PSSI Jatim kembali disibukkan menjadi tuan rumah Piala AFF U-16. Turnamen ini dilaksanakan 29 Juli 2018-11 Agustus 2018. 

Baca juga: Stadion PTIK Berpeluang jadi Venue Persija vs Persib

Piala AFF U-16 juga dibagi menjadi dua grup. Grup A yang berisikan tim Indonesia, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste dan Filipina, akan bermain di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Sedangkan Grup B yang terdiri dari tim Thailand, Malaysia, Laos, Brunei Darussalam, dan Singapura, akan bermain di Stadion Gelora Jaka Samudra, Gresik. 

"Selain lokasi pertandingan, PSSI Jatim juga akan mempersiapkan penginapan dan tempat latihan," tambahnya.

Riyadh mengaku bangga Asprov Jatim ditunjuk PSSI untuk menjadi tuan rumah ajang besar. Pihaknya mengaku siap menjadi tuan rumah yang baik.

“Penunjukkan tuan rumah ini cukup berat, karena pada saat yang bersamaan PSSI Jatim juga memiliki agenda sendiri, seperti Liga 3 Kapal Api dan Piala Soeratin U-17," ungkapnya.

Baca juga: Messi Mengamuk, Argentina Pesta Gol ke Gawang Haiti

"Namun, karena ini tugas negara maka kami tetap akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik. Ini menjadi salah satu sumbangsih PSSI Jatim, semoga prestasi sepak bola Indonesia dimulai dari Jatim,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Asprov PSSI Jatim Amir Burhannudin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan semua keperluan penyelenggaraan Piala AFF U-16 maupun U-19. Mulai dari hotel, lapangan pertandingan, lapangan latihan, dan lain-lainnya.

"Termasuk keamanan, kami juga akan berkoordinasi dengan Kapolda Jatim," tuturnya.

Terkait kesiapan stadion, PSSI Jatim memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan Pemkab Gresik yang turut mendukung gelaran ini.

“Evaluasi dari tim verifikasi PSSI Pusat, ada sedikit kekurangan di Stadion Gelora Jaka Samudra, tapi tidak terlalu teknis. Hanya soal VIP Room, general cleaning, dan furniture. Dan itu akan segera diperbaiki, intinya menjelang hari pertandingan semua sudah beres,” pungkasnya.

Video: Timnas Sepak Bola Putri Kalah 0-13 atas Timnas Thailand
 


(RIZ)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /