Lewat T-Shirt Anti-rasialisme, Klub Turki Beri Dukungan kepada Mesut Oezil

Gregah Nurikhsani Estuning    •    06 Agustus 2018 22:44 WIB
sepak bola
Lewat <i>T-Shirt</i> Anti-rasialisme, Klub Turki Beri Dukungan kepada Mesut Oezil
Mesut Oezil. (Foto: AFP PHOTO / Roslan RAHMAN)

Malatya: Para pemain Yeni Malatyaspor, sebuah klub Super Lig Turki, mengenakan kaus bergambar Mesut Oezil. Ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada Oezil yang menerima tindakan diskriminasi dan perlakuan rasialisme.

Pemain Arsenal kelahiran Jerman berdarah Turki itu menyebut Federasi Sepak Bola Jerman dan Presiden Reinhard Grindel melakukan perbuatan rasialisme kepadanya. Eks Real Madrid itu pun memutuskan untuk pensiun dari timnas Der Panzer bulan lalu.

Banyak pihak yang memberikan dukungan dan pembelaan kepada Oezil, salah satunya Yeni Malatyaspor. Mereka memakai kaus bergambar Oezil dengan tulisan "Kami semua mendukung kamu" dan "Katakan tidak untuk rasialisme".

"Para pemain kami ingin menunjukkan dukungan kepada Mesut Oezil," tulis keterangan klub di akun instagram resmi mereka.

Kaus tersebut digunakan sebelum laga kontra klub Divisi 2 Turki, Gazisehir Gaziantep. Yeni Malatyaspor memenangi pertandingan tersebut dengan skor 2-1.

Kasus rasialisme ini bermula ketika Oezil, Ilkay Gundogan, dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan melakukan sesi foto bersama-sama. Banyak pihak mencelanya dan menuduhnya dengan menyebut mereka tidak nasionalis dan mengaitkannya dengan isu agama serta politik.

Parahnya, sedikit sekali dukungan dari rekan-rekan 'senegaranya' pasca keputusan pensiun yang dilakukan Oezil. Kapten Manuel Neuer hanya mengatakan "Kami menerima keputusannya". Akan tetapi, dibarengi dengan kalimat "Saya hanya mau bermain dengan pemain yang bangga membela negaranya".

Video: LADI: Atlet Indonesia Bebas Doping di Asian Games
 


(ACF)