Tragedi Pesawat Chapecoense

Sejumlah Klub Top Brasil Siap Pinjamkan Pemain untuk Chapecoense

Rendy Renuki H    •    30 November 2016 15:47 WIB
liga dunia
Sejumlah Klub Top Brasil Siap Pinjamkan Pemain untuk Chapecoense
Tugu penghormatan tragedi kecelakaan pesawat yang menimpa klub Chapecoense di kota Chapeco, Brasil (Nelson ALMEIDA / AFP)

Metrotvnews.com, Sao Paulo: Sejumlah klub top Brasil menawarkan meminjamkan pemainnya ke Chapecoense pada musim depan. Hal itu dilakukan beberapa klub Serie-A Brasil setelah tragedi kecelakaan pesawat yang merenggut sebagian besar skuat Chapecoense di Kolombia, Selasa 29 November kemarin.

Pesawat carteran yang ditumpangi skuat Chapecoense terjatuh di kawasan hutan Kolombia saat hendak menghadiri final Copa Sudamericana kontra Atletico Nacional. Proses kecelakaan saat perjalanan ke Bandara Medellin itu pun memakan korban sebanyak 71 orang, termasuk pelatih, ofisial klub, dan wartawan yang hendak meliput.

Selain menawarkan peminjaman pemain, sejumlah tim di liga kasta tertinggi Brasil pun meminta Federasi Sepakbola Brasil (CBF) untuk memberikan Chapecoense pembebasan tiga tahun dari degradasi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap musibah yang dialami klub yang merintis dari liga kasta ketiga Brasil tersebut.

(Baca: Tokoh Sepak Bola Berikan Penghormatan untuk Korban Tragedi Chapecoense)

"Ini adalah sikap solidaritas yang bisa kami lakukan saat ini. Hasil itu dilakukan tulus untuk membangun ulang klub ini dan bagian dari kesedihan sepak bola Brasil yang merasa kehilangan hari ini," bunyi pernyataan sejumlah klub top Brasil.

Sayangnya, CBF tak langsung menanggapi pernyataan sejumlah klub besar di Brasil untuk meminjamkan para pemainnya. CBF masih ingin menunggu keputusan pihak berwenang setempat sampai pemberitauan lebih lanjut.

Peristiwa tragis ini pun membuat semua roda kompetisi di Brasil dihentikan pekan ini. Bahkan, Presiden Brasil, Michel Temer mengumumkan negara menjalani masa berkabung selama tiga hari ke depan. (The Independent)

Video: Sejumlah Klub Dunia Sampaikan Bela Sungkawa Bagi Klub Chapecoense
 


(ACF)

Video /