Nations League

FIFA dan UEFA Berencana Garap Kompetisi Ambisius

Gregah Nurikhsani Estuning    •    07 November 2017 22:20 WIB
FIFA dan UEFA Berencana Garap Kompetisi Ambisius
Greg Clarke di launching logo Piala Eropa 2020

Metrotvnews.com, London: UEFA mengklaim sudah berbicara dengan induk sepak bola dunia atau FIFA terkait wacana ambisius, yakni mengekspansi sebuah kompetisi antarnegara di jeda internasional ke tingkat global.

Kompetisi tersebut baru akan dimulai September tahun depan. Nantinya akan menggantikan banyak pertandingan persahabatan sesuai kalender FIFA. Namun, hingga kini belum ada keputusan resmi.

"Belum ada keputusan. Kami telah berdiskusi dengan semua perwakilan tiap negara, semua konfederasi sepak bola dan tentu saja FIFA. Rencana kami adalah mengekspansi Nations League ke tingkat global," jelas UEFA kepada BBC.

Baca: Comvalius Ungkap Alasan Pertengkaran dengan Lilipaly

Sejumlah media top Eropa seperti Bild dan AP sudah memprediksi hal ini jauh-jauh hari. Mereka mengklaim jika FIFA telah lama membuat proyek 'new global competition'.

Menurut AP, eskpansi ini akan membagi tim-tim peserta menjadi tujuh divisi, tergantung ranking FIFA. Tiap konfederasi (misal AFC, UEFA, CONMEBOL dan sebagainya) akan menjalankan kualifikasinya sendiri-sendiri dengan peraturan umum, seperti promosi dan degradasi tiap dua tahun.

Puncaknya, tiap juara grup (tujuh atau delapan tim) akan bertanding di putaran final yang rencananya dilakukan bulan Juni.

Video: Perbasi Cup 2017 Resmi Dimulai
 
(RIZ)

Thiago Alcantara Cedera Serius
Anderlecht vs Bayern Muenchen

Thiago Alcantara Cedera Serius

1 hour Ago

Kemenangan Bayern Muenchen atas Anderlecht pada matchday kelima Liga Champions 2017 -- 2018 diw…

BERITA LAINNYA
Video /