Timnas U-19 vs Thailand U-19

Timnas U-19 Sukses Permalukan Thailand U-19

Patrick Pinaria    •    08 Oktober 2017 20:49 WIB
timnas u-19
Timnas U-19 Sukses Permalukan Thailand U-19
Pemain timnas U-19 Indonesia Witan Sulaiman (tengah) merayakan golnya bersama rekan setimnya saat menghadapi Thailand U-19 (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bekasi: Timnas Indonesia U-19 sukses melanjutkan tren positif mereka pada laga uji coba. Tak tanggung-tanggung, tren tersebut sukses didapat Garuda Nusantara setelah mengalahkan jawara Piala AFF U-18, Thailand U-19 dengan skor 3-0.

Menjamu juara Piala AFF U-18, Thailand di Stadion Wibawa Mukti, Indonesia U-19 tampil dengan skuat terbaiknya. Pelatih Merah Putih Indra Sjafri menurunkan sejumlah pemain andalan seperti Egy Maulana Vikri, Rafly Mursalim, Luthfi Kamal, dan Witan pada laga tersebut.

Turun dengan pemain-pemain andalan tersebut, Indonesia tampil impresif dengan menguasai permainan bola. Namun, mereka tetap kerepotan menghadapi permainan agresif Thailand.

Peluang mengancam baru diciptakan Indonesia pada menit ke-15. Ketika itu, mereka mendapat peluang dari Witan yang melepaskan tembakan di dalam kotak penalti. Namun, bola belum menemui sasaran yang tepat.

Selang tiga menit, Indonesia nyaris mendapat kesempatan penalti setelah Egy dijatuhkan di kotak penalti Thailand. Tetapi, wasit tidak meniup peluit dan membiarkan pertandingan berlanjut.

Pada menit ke-19, Indonesia kembali menciptakan peluang lewat Luthfi. Hanya, saja tembakannya masih mengarah tepat ke pelukan kiper Thailand Suthipong Pisansub.

Baca: Bungkam Persiba, Bhayangkara Kokoh di Puncak Klasemen

Indonesia terus meningkatkan tempo permainan. Terutama jelang sepuluh menit turun minum. Pada menit ke-39, mereka menciptakan peluang emas dari Egy yang sukses mengelabui Suthipong. Sayang, penyelesaian akhirnya masih kurang baik.

Kebuntuan akhirnya dipecahkan Indonesia pada menit ke-44 lewat gol Witan. Gelandang kelahiran Palu itu sukses memanfaatkan kesalahan kiper Thailand Suthipong.

Gol ini terasa istimewa bagi Witan. Sebab, ia sukses menciptakan gol tersebut tepat di hari ulang tahunnya yang ke-16 tahun.

Hingga turun minum, tidak ada gol tambahan tercipta. Indonesia unggul dengan skor 1-0.

Pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri tampaknya belum puas melihat performa timnya pada babak pertama. Ia pun memutuskan untuk melakukan sejumlah pergantian pada awal babak kedua. Ketika itu, dua pemain seperti Saddil Ramadani dan Abimanyu dimasukkan untuk menggantikan Muhammad Iqbal dan Asnawi.

Kehadiran kedua pemain tersebut cukup memberikan efek signifikan bagi permainan Indonesia. Mereka semakin tampil agresif.

Pada menit ke-52, Indonesia sudah menciptakan peluang lewat Egy. Hanya saja, tembakannya masih gagal menghasilkan gol.

Selang empat menit, Egy lagi-lagi memberikan ancaman ke gawang Thailand. Mendapat umpan dari Saddil, Egy melepaskan tembakan. Namun, bola masih bisa ditepis kiper Thailand Suthipong.

Baca: Tanggapan Wenger ketika Ancelotti Dikaitkan dengan Arsenal

Sejumlah pergantian pemain kembali dilakukan Indra pada menit ke-62. Kali ini, ia memasukkan Hanif dan Samuel.

Indonesia semakin agresif dengan diperkuat kedua pemain tersebut. Namun, tidak ada satu pun gol yang berhasil diciptakan Indonesia. Hingga akhirnya, pelatih Indonesia Indra Sjafri kembali memasukkan sejumlah pemain seperti Feby dan Juliano pada menit ke-75.

Lima menit berselang, Indonesia akhirnya sukses menambah keunggulan lewat Abimanyu. Usai melakukan operan satu dua, ia melepaskan tembakan keras yang tak bisa dibendung Suthipong.

Pada menit ke-88, Indonesia kembali menaklukkan gawang Thailand lewat Saddil. Melakukan penetrasi di sisi kanan, ia kemudian melepaskan tendangan yang mengarah pojok kanan bawah.

Hingga laga usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Indonesia memastikan kemenangan dengan skor 3-0.

Ini menjadi kemenangan kedua beruntun Indonesia U-19 pada laga uji coba. Sebelumnya, mereka sukses meraih kemenangan atas Kamboja U-19 dengan skor 3-1 pada Rabu 4 Oktober.


Susunan pemain:

Indonesia U-19: Aqil Savik, Nurhidayat Haris, Rachmat Irianto, Rifad Marasabessy, Firza Andika, Muhammad Iqbal, Luthfi Kamal, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, Rafly Mursalim.

Thailand U-19: Suthipong Pisansub, Natakorin Soithong, Keeron Ornchaiphum, Peerapat Jampakaew, Passakorn Biaouthungnoi, Chaiwat Weerakuphanich, Nattawut Chootiwat, Robin Kjell Holm, Korawich Tasa, Kritsada Nontharat, Nakharin Thepaukson.


Video: Hadapi Thailand, Indra Sjafri Bakal Lakukan Rotasi Pemain

 


(PAT)

Llorente Bertekad Bobol Gawang Juventus
Jelang Juventus vs Tottenham Hotspur

Llorente Bertekad Bobol Gawang Juventus

15 minutes Ago

Menurut agen yang juga kakak Llorente, Jesus Llorente, sang pemain bertekad untuk mencetak gol …

BERITA LAINNYA
Video /