Timnas Indonesia vs Timnas Islandia

Suporter Timnas Sempat Bersitegang dengan Polisi

Kautsar Halim    •    15 Januari 2018 17:37 WIB
timnas indonesialaga uji cobatimnas islandia
Suporter Timnas Sempat Bersitegang dengan Polisi
Suasana suporter yang sempat bersitegang dengan pihak keamanan. (Foto: Medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Suasana pertandingan Timnas Indonesia versus Islandia sempat diwarnai kericuhan. Menjelang laga usai, terjadi ketegangan antara para suporter dengan pihak keamanan di tribun bawah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Berdasarkan pengamatan medcom.id, friksi terjadi karena pihak keamanan yang diketahui anggota polisi Buru Sergap (Buser) menghalangi pandangan suporter. Terdengar dari kejauhan, para suporter menyoraki pihak keamanan sambil berteriak "bayar, bayar, bayar".

Situasi memanas ketika salah satu anggota Buser terpancing aksi suporter tersebut dan menghampiri dinding kaca pembatas. Beberapa suporter akhirnya memberanikan diri keluar dari kerumunan dan menunjukkan gerak tubuh mengajak berkelahi.

Sambil memaki dan mengacungkan jari tengahnya, sang suporter itu menginjak bangku stadion dan memanjat naik ke pagar pembatas. Sampai di situ, sang Buser tidak meladeninya lagi namun mengambil foto sang suporter lewat kamera telepon genggam.

Baca: Baru Diresmikan, Ramai Berita GBK Dirusak Penonton


Bukannya mereda, para suporter yang lain malah ikut terpancing dengan meneriakkan yel-yel yang bunyinya menghina sang Buser. Aksi tersebut membuat suporter yang berada di dinding pembatas makin beringas untuk mencaci sang Buser.

Sebagai tindakan pencegahan, datanglah salah satu komandan kepolisian untuk mengamankan situasi. Kedatangannya bukan untuk menangkap suporter tapi malah menarik tim buser dari sektor tersebut agar menyingkir dari pandangan seluruh suporter.

Tidak selesai sampai di situ, pihak suporter juga menyinggung bagian sisi tribun lain yang depannya dipenuhi pihak keamanan maupun panitia pelaksana pertandingan. Tujuannya masih sama karena mereka tetap meneriakkan yel-yel "bayar, bayar, bayar,".

Bola-bola kertas sempat beterbangan sebagai bentuk kekecewaan para suporter. Padahal, kertas itu tadinya digunakan untuk membuat koreografi yang sangat apik. Sama seperti kejadian yang menimpa tim buser, deretan pihak keamanan dan panitia pelaksana juga lebih memilih mengalah dan beralih dari pandangan suporter.

Baca: Piala Presiden, Ajang Uji Mental Skuat Sriwijaya FC


Hasil renovasi SUGBK membuat bagian bawah tribun penonton berjarak tidak terlalu jauh dengan permukaan tanah. Kemudian, posisi tribun paling bawahnya juga hanya dibatasi oleh dinding plastik tebal yang transparan. 

Pihak keamanan maupun tim panitia pelaksana sudah berada di area dinding pembatas sejak pertandingan dimulai. Namun, entah kenapa kericuhan baru menyulut pada babak kedua. Ada kemungkinan, tindakan itu juga didasari karena mereka kecewa dengan kondisi timnas yang semakin tetinggal.




Foto: Kautsar Halim/Medcom.id

Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Timnas Indonesia Takluk 1-4 dari Islandia


(ASM)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /