Pada Hari Ini

1973: Awal Kesuksesan Karier Mario Kempes

A. Firdaus    •    05 Oktober 2017 07:39 WIB
pada hari ini
1973: Awal Kesuksesan Karier Mario Kempes
Mario Kempes (Foto: Istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu striker terbaik yang dimiliki Argentina, Mario Kempes mungkin takkan pernah melupakan tanggal 5 Oktober. Pada tanggal tersebut, 44 tahun silam ia menjalani debut profesionalnya di dunia sepak bola.

Ketika itu Kempes melakukannya dengan memperkuat Instituto de Cordoba pada usia 19 tahun. Debutnya kian sempurna karena ia mampu membawa klubnya tersebut menang 1-0 atas Newell's Old Boys.

Bersama Instituto, Kempes menghabiskan tiga musim dan membantu meraih gelar untuk pertama kalinya di Divisi Primera. Sebagai pemain baru, kontribusinya sangat besar, karena membuat 11 gol dari 13 penampilan.

Klik di sini: Luis Milla Berikan Pujian Khusus kepada Febri Hariyadi

Semusim berselang, ia memilih Rosario Central sebagai klub barunya. Dalam kurun waktu tiga musim, Kempes mampu mencetak 85 gol.

Performanya yang gemilang itu mengantarkannya bermain ke salah satu klub La Liga Spanyol, Valencia. Dia menjadi top skorer dalam dua musim beruntun, 1977 dan 1978.

Berbagai gelar pun dipersembahkan pemain yang lahir di Bell Ville 15 Juli 1954 silam. Mulai dari Copa del Rey, Piala Winner UEFA, dan Piala Super Eropa 1980 untuk Los Che.

Klik di sini: Barcelona Tidak Tertarik Datangkan Goretzka

Pencapaian tertinggi karier Kempes adalah mampu memenangkan Piala Dunia bersama Argentina pada 1978. Kontribusi besar juga dilakukannya untuk Tim Tango dengan menjadi top skorer di turnamen tersebut, termasuk mencetak satu gol ketika mengalahkan Belanda 3-1 di final.

Setelah melanjutkan petualangannya di beberapa klub Argentina dan Eropa, Kempes kemudian mengakhiri kariernya di salah satu klub Liga Indonesia, Pelita Jaya selama pada 1993--1994. Bersama klub yang kini bernama Madura United, Kempes tampil 18 kali dengan mencetak 12 gol.

Di klub itu pula, Kempes sempat melatih mulai 1995 hingga 1996. Serta beberapa kali menukangi klub-klub yang kurang terkenal. Kini pria berusia 63 tahun itu mengisi kesibukannya dengan menjadi pandit di ESPN.

15 Klub Ancam Keluar dari Liga 1
 


(FIR)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

20 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /