Pada Hari Ini

2006: Roberto Donadoni Ditunjuk Gantikan Lippi untuk Latih Timnas Italia

Patrick Pinaria    •    13 Juli 2017 09:23 WIB
pada hari ini
2006: Roberto Donadoni Ditunjuk Gantikan Lippi untuk Latih Timnas Italia
Roberto Donadoni (Foto: AFP/Alberto Pizzoli)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 13 Juli 2006 atau tepat 11 tahun silam, menjadi momen hebat bagi mantan pemain timnas Italia Roberto Donadoni. Bagaimana tidak. Ketika itu, ia ditunjuk untuk melatih Gli Azzurri menggantikan Marcello Lippi oleh Asosiasi Sepak Bola Italia (FICG).

Bukan tanpa alasan FICG menunjuk Donadoni melatih Italia. Rekam jejaknya yang sukses sebagai pemain mungkin menjadi salah satu pertimbangan mereka menunjuk Donadoni.

Selama 18 tahun berkarier sebagai pemain, Donadoni sudah mencapai banyak prestasi. Terutama ketika ia bermain bersama AC Milan. Bersama I Rossoneri, pemain yang berposisi gelandang itu mampu meraih enam scudetto dan tiga gelar Liga Champions.

Baca: Januzaj Resmi Gabung Sociedad

Selain itu, Donadoni juga mencapai catatan-catatan apik untuk timnas Italia. Ia mampu membawa Azzurri meraih runner-up pada Piala Dunia 1994.

Kemudian, Donadoni pensiun pada 2000. Namun hanya berselang satu tahun, ia mencoba melanjutkan karier sebagai pelatih dan dimulai dengan melatih salah satu klub Italia, Lecco.

Donadoni akhirnya melanglang buana ke dua klub Italia. Di antaranya adalah Genoa (2003) dan Livorno dalam dua periode berbeda, yakni pada 2002--2003 dan 2004--2006. Hingga akhirnya, ia ditunjuk sebagai pelatih timnas Italia.

Namun, Donadoni menjalani tugas pertamanya bersama Italia dengan hasil yang kurang mengesankan. Dari tiga pertandingan yang ia pimpin, Italia harus menelan dua kekalahan dan satu kali imbang.

Serangkaian hasil buruk tersebut memicu spekulasi masa depan Donadoni. Sejumlah media Italia kerap melaporkan adanya isu pemecatan Donadoni dan akan kembali diganti pelatih sebelumnya, Lippi.

Beruntung, Donadoni mampu membawa Italia lolos ke Piala Eropa 2008. Namun, pada turnamen tersebut, Italia mencatatkan hasil yang kurang memuaskan. 

Baca: Liverpool Kesulitan Belanja Pemain, Klopp Enggan Panik

Salah satunya adalah kekalahan dari Belanda dengan skor 0-3 pada penyisihan grup. Ini merupakan kekalahan terburuk Italia sejak 25 tahun terakhir.

Meski menelan kekalahan, Italia mampu berjuang untuk lolos ke babak perempat final. Akan tetapi, mereka lagi-lagi harus kalah pada babak itu lewat adu penalti dari Spanyol, sekaligus membuat mereka tersingkir.

Kecewa melihat hasil tersebut, FICG akhirnya memutuskan untuk memecat Donadoni. Mereka pun kembali memanggil Lippi untuk melatih Italia.

Setelah itu, Donadoni melatih ke berbagai klub Italia. Di antaranya adalah Napoli, Cagliari, Parma, dan Bologna. (TDIFH)


Video: Bukan ke city, Dani Alves ke PSG

 


(PAT)

Video /