Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Gagal ke Rusia, Pelatih Wales Angkat Topi untuk Rep. Irlandia

Kautsar Halim    •    10 Oktober 2017 14:03 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Gagal ke Rusia, Pelatih Wales Angkat Topi untuk Rep. Irlandia
Pelatih Wales Chris Coleman memberikan instruksi kepada para pemainnya. (AFP PHOTO / GEOFF CADDICK)

Metrotvnews.com, Cardiff: Wales harus mengalami nasib sial pada laga pamungkas Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa, Selasa 10 Oktober dini hari WIB. Saat itu, mereka kalah tipis dari Republik Irlandia hingga akhirnya tidak mampu menjaga asa menuju ke Rusia.

Sejatinya, Wales lebih diunggulkan dalam laga tersebut. Selain menjadi tuan rumah di Stadion Cardiff City, Wales juga hanya butuh hasil imbang agar bisa melaju ke fase playoff. Namun, hasil akhir berkata lain karena Wales menyerah dengan skor, 0-1.

Jalannya pertandingan mampu dikuasai Wales dengan baik. Penguasaan bola lebih berpihak kepada tuan rumah dan peluang emas pun terhitung lebih banyak tercipta. Sayang, penyelesaian akhir para penggawa Wales masih sering dilakukan kurang sempurna.
 

Klik: Klopp Dinilai Sudah Tepat Tangani Liverpool


Saking asyik menyerang, Wales malah kecolongan dengan gol Rep. Irlandia yang dicetak James McClean pada menit ke-57. Saat itu, McClean tampak leluasa mengonversi assist Jeffrey Hendrick karena dirinya lepas dari pengawalan seluruh pemain Wales.

Pelatih Wales Chris Coleman mengaku terpukul dengan kekalahan timnya. Ia bahkan tidak bisa melupakan wajah sedih para pemainnya ketika menahan kecewa di ruang ganti. Akan tetapi, tak ada yang bisa ia lakukan selain mengakui kekalahan tersebut.

"Saya pikir laga tadi cukup seimbang. Kami memang mendominasi babak pertama, tapi sadar juga bahwa taktik Irlandia dan penyelesaian akhirnya sangat bagus. Mereka mengejutkan kami dengan serangan balik dan saya turut angkat topi atas kemenangan mereka," ujar Coleman seusai laga.


Klik:  Jerman Berpeluang Sabet Piala Dunia 2018


Wales tampil tanpa diperkuat sejumlah pemain andalan ketika dipermalukan Rep. Irlandia. Gareth Bale hanya menonton dari tribun penonton karena cedera betis, kemudian Joe Allen juga hanya tampil sekitar hanya 37 menit karena mengalami cedera.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Coleman, kondisi itu sangat mengganggu strategi yang ingin ia terapkan. Pasalnya, Wales jadi kurang agresif dan tidak kreatif ketika menggedor pertahanan lawan. Terlepas daripada itu, pertahanan Rep. Irlandia diakuinya sangat rapat dan disiplin.

"Ketika harus tampil tanpa Joe Allen dan Gareth, kreativitas kami langsung sedikit berkurang. Kami benar-benar bermain seperti dengan 10 pemain. Kami benar-benar sangat kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan," papar Coleman.

"Rep. Irlandia sudah bermain dengan fairplay dan Martin O'Neil (pelatih Rep. Irlandia) juga sudah melakukan pekerjaannya dengan baik. Semoga mereka beruntung pada fase playoff," tambahnya.

Kekalahan makin menyakitkan karena terakhir kali Wales lolos ke Piala Dunia adalah pada tahun 1958 silam. Selain itu, Wales juga belum pernah kalah di kandang sendiri dalam empat tahun belakangan ini. 

Menanggapi itu, Coleman meminta anak-anak asuhnya untuk tetap tegar menerima kenyataan pahit. Kemudian, ia juga tidak keberatan jika harus melepas jabatannya atas kekalahan ini. Hanya saja, hal itu perlu dibicarakan lebih lanjut dengan asosiasi sepak bola di negaranya.

"Dengan usia dan pengalaman berharga yang dimiliki saat ini, saya yakin para pemain kami bakal berkembang menjadi lebih baik lagi. Untuk kesekian kalinya kesempatan ke Piala Dunia hilang dan itu memang sedikit menyakitkan. Tapi, kami akan belajar dari kegagalan pada malam ini," ujar Coleman.

"Karier saya sebagai pelatih pasti dipertanyakan seusai kegagalan ini. Tapi saat ini saya belum bisa menjawabnya karena butuh waktu dan membereskan beberapa hal kecil. Setelah itu, kami akan duduk bersama untuk membicarakan masa depan saya," tutup pelatih yang pernah dirumorkan bakal bergabung ke Liga Primer Inggris tersebut. (soccerway)





(KAU)

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions
Jelang Undian Babak 16-Besar Liga Champions

Ini Klub yang Ingin Dihindari Juventus di 16-Besar Liga Champions

1 day Ago

Juventus berpeluang bertemu dengan salah satu dari lima klub Inggris.…

BERITA LAINNYA
Video /