Mancini Latih Timnas Italia

Roberto Mancini dalam Angka

Alfa Mandalika    •    15 Mei 2018 13:22 WIB
liga dunia
Roberto Mancini dalam Angka
Roberto Mancini. (Foto: AFP/Giuseppe Cacace)

Roma: Roberto Mancini resmi menjadi allenatore anyar Timnas Italia. Dilaporkan, eks pelatih Inter Milan dan Manchester City itu dikontrak hingga berakhirnya penyelenggaraan Piala Eropa 2020.

Mancini dihadirkan oleh FICC (PSSI-nya Italia) untuk menggantikan kursi yang lowong usai Gian Piero Ventura dipecat November lalu. Ventura diberhentikan lantaran gagal membawa Gli Azzurri mentas di Piala Dunia 2018 Rusia.

"The Federazione Italiana Giuoco Calcio mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Roberto Mancini, yang akan memegang posisi pelatih dari tim nasional dan akan diperkenalkan besok, Selasa, 15 Mei (waktu setempat), pukul 12.00 di Pusat Teknis Federal di Coverciano," demikian bunyi sebuah pernyataan dari FIGC.

Roberto Mancini bukan nama sembarangan jika melihat rekam jejaknya sebagai juru taktik. Sejumlah klub elite Eropa pernah merasakan tangan dinginnya.

Ketika melatih Inter, Mancini mampu memberikan tiga gelar scudetto untuk La Beneamata. Sedangkan di Manchester City, Mancini sukses merusak hegemoni Manchester United dengan menjuarai Liga Primer pada 2011 -- 2012.

Baca: FIGC Tunjuk Mancini sebagai Pelatih Timnas Italia


Pun begitu ketika Mancini melatih klub Turki, Galatasaray. Dia mampu memberikan gelar Turkish Cup. Kini, tugas berat sudah menanti Mancini. Setidaknya, dia harus mampu membangkitkan motivasi para pemain usai gagal tampil di pesta sepak bola terakbar sekolong langit.

Sebelum menyaksikan performa Mancini, berikut ini medcom.id menyajikan fakta Mancini dalam angka.

53- Mancini saat ini berusia 53 tahun

4- Sebagai pesepak bola, Mancini sempat membela empat klub yakni Bologna, Sampdoria, Lazio, dan Leicester City

6- Sudah enam klub yang pernah dilatih Mancini yakni Fiorentina, Lazio, Inter Milan, Manchester City, Galatasaray, dan Zenit St Peterseburg

17 - Mancini fokus pada profesi sebagai pelatih sudah mencapai 17 tahun. Debutnya terjadi pada 2001 ketika menukangi La Viola

738 - Mancini sudah memainkan 738 pertandingan selama membela enam klub

201 - Sebagai striker, Mancini sudah menciptakan 201 gol selama menjadi pesepak bola profesional

7- Mancini berhasil mempersembahkan tujuh trofi kepada Inter Milan. Pencapaian itu adalah yang terbaik di antara enam klub yang sudah dilatih Mancini

33- Mancini menjadi pelatih Italia ke-33 sejak era Vittorio Pozzo

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Duo Red Bull Ajari Andres Iniesta Lakukan Simulasi Ganti Ban


(ASM)


Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate
Timnas Inggris

Adam Lallana tak Dendam kepada Southgate

3 weeks Ago

Adam Lallana merasa Gareth Southgate sudah melakukan keputusan tepat dengan tidak memanggilnya …

BERITA LAINNYA
Video /