Indonesia juara Piala AFF U-16 2018

Kunci Sukses Timnas U-16 Menang Adu Penalti dari Thailand

A. Firdaus    •    12 Agustus 2018 02:47 WIB
piala afftimnas u-16
Kunci Sukses Timnas U-16 Menang Adu Penalti dari Thailand
Fachri Husaini (paling kanan) memberikan kometar ditemani kiper timnas U-16 Ernando (Foto: A. Firdaus/Medcom.id)

Sidoarjo: Tidak mudah bagi tim nasional Indonesia merengkuh gelar perdana Piala AFF U-16. Pasalnya kemenangan mereka atas Thailand harus ditentukan lewat drama adu penalti.

Indonesia sebenarnya bermain baik dengan mampu unggul 1-0 lewat aksi Fajar Faturachman pada babak pertama. Akan tetapi Thailand berhasil membalas melalui gol yang dicetak Apidet Janngam di pengujung babak kedua.

Alhasil kedua tim harus menentukan kemenangan dalam drama adu penalti. Di sini Indonesia mampu keluar sebagai pemenang, usai bola hasil sepakan dua algojo Thailand mampu ditepis oleh kiper timnas Ernando Ari Sutaryadi.

Tampaknya pertandingan yang harus diselesaikan lewat adu penalti sudah diprediksi Fachri Husaini sebelumnya. Untuk itu saat latihan terakhir menghadapi Thailand, anak-anak Garuda Asia mampu menyelesaikan tugas mereka dengan baik.

Klik di sini: Kalahkan Persipura, PS Tira Diklaim Tunjukkan Progres

"Mengenai aksi dua blok yang dilakukan Ernando itu memang sudah tugas kiper, dia melaksanakan tugasnya sangat baik, mentalnya sudah sangat siap, tekniknya juga sangat bagus," ujar Fachri Husaini.

"Persiapan-persiapan yang kami lakukan, termasuk antisipasi akan terjadinya tendangan penalti. Ini membawa manfaat, karena ini adalah hasil dari latihan bukan hanya kepada Nando tapi pada eksekutor-ekskutor juga, empat pemain kami bisa membuat gol, cuma Briliyan saja yang belum menendang," terangnya.

Selain itu menurut Fachri, dukungan suporter juga memberikan andil besar atas kesuksesan timnas U-16. Mereka begitu konsisten mendukung Amiruddin Bagus Kahfi dkk sejak awal turnamen.

"Dukungan suporter yang luar biasa punya andil besar juga terhadap pencapaian ini, baik yang datang langsung di Gelora Delta Sidoarjo, maupun yang hanya menonton dari layar televisi. Untuk itu trofi ini kami persembahkan untuk suporter timnas di mana saja," tutupnya.

Di bawah asuhan Fachri Husaini, Timnas U-16 telah dibawanya tiga kali meraih juara. Selain Piala AFF U-16, skuat muda Merah Putih ini juga pernah meraih gelar Piala Jenesys 2-18 dan Tien Phong Plastic Cup 2017.

Indonesia Juara Piala AFF U-16



(FIR)