Kecelakaan Maut Chapecoense

Kumpulan Momen Skuat Chapecoense Sebelum Kecelakaan

Kautsar Halim    •    29 November 2016 23:52 WIB
liga dunia
Kumpulan Momen Skuat Chapecoense Sebelum Kecelakaan
Logo Chapecoense lusuh karena kecelakaan pesawat. (Foto: Twitter)

Metrotvnews.com: Kecelakaan pesawat yang menimpa klub Chapecoense tak hanya memberi duka untuk kancah sepak bola Brasil. Saking fatalnya insiden itu, seluruh dunia juga turut bersimpati dan ikut berbela sungkawa.

Chapecoense memang tak setenar klub-klub di Liga Primer Inggris atau La Liga Spanyol. Mereka merupakan salah satu klub divisi empat Brasil yang sedang berkesempatan besar menjuarai turnamen Copa Sudamericana 2016.

Namun, takdir berbicara beda. Skuat Chapecoense mengalami kecelakaan hebat menjelang laga final yang bakal berlangsung sehari kemudian, Rabu 30 November waktu setempat. 

Pesawat yang mereka tumpangi jatuh hingga berkeping-keping di daerah pegunungan Kolombia pada Selasa 29 November. Kecelakaan itu menyebabkan sebagian besar skuat, termasuk pemain, pelatih, ofisial tim dan jurnalis tewas secara mengenaskan.

Pesawat yang digunakan klub Chapecoense berisikan 81 penumpang ketika berangkat dari salah satu bandara di Bolivia. Namun, dari sekian banyak penumpang yang ada, hanya lima orang saja yang selamat dan dua di antaranya merupakan pemain Chapecoense.

Tak ada yang mengira insiden maut itu bakal terjadi. Bahkan, seluruh skuat terlihat sangat ceria sebelum pesawat diberangkatkan. Momen menunggu jadwal penerbangan juga sempat dimanfaatkan untuk menggelar foto bersama.

Skuat lengkap Chapecoense berfoto bersama di sebelah pesawat (Foto: dailymail)

Suasana di dalam pesawat Avro RJ85

Di dalam pesawat kondisi seluruh skuat juga masih baik-baik saja. Senyum ceria tak jarang terpancar dan beberapa anggotanya juga sempat mengabadikan hangat suasana dengan rekaman video. Pesawat itu ditumpangi 22 pemain, 28 staf dan ofisial, 22 jurnalis, dan sembilan kru pesawat. 

Momen terakhir Alan Ruschel dengan Danilo (Instagram)

Salah satu rekaman video dan foto yang terekam sempat diposting Alan Ruschel lewat Instagram. Kebetulan, Ruschel yang berposisi sebagai bek merupakan salah satu pemain yang selamat, selain kiper Jackson Follmann. Meski selamat, Ruschel mengalami cedera yang cukup parah di bagian pinggul dan kepala. 

Pria yang berada di samping Ruschel dan mengalungkan headset merupakan kiper cadangan yang bernama Danilo. Ia sempat dievakuasi sebelum akhirnya mengembuskan nafas terakhir di rumah sakit. 

Rafael Henzel ber-selfie ria sebelum mengalami kecelakaan

Rafael Henzel merupakan salah satu jurnalis Brasil yang selamat dari kecelakaan. Sebelum terbang dan mengalami insiden maut, ia juga sempat ber-selfie ria di sebelah pesawat. Foto itu sempat ia unggah ke Instagram sebelum berangkat.

Kecelakaan tragis ini telah mengundang simpati dari seluruh insan sepak bola di dunia. Mulai dari klub besar, pemain legenda, serta pemain top dunia sudah sama-sama menyampaikan ungkapan belasungkawa yang sebagaian besar dikatakan lewat jejaring sosial.

Berikut cuplikan video yang diunggah sebelum kecelakaan terjadi:

Alan Ruschel mengabarkan kondisi di dalam pesawat


Kemeriahan ruang ganti Chapecoense ketika memastikan tiket final
 


(KAU)

Video /