Albania vs Spanyol

Spanyol Kudeta Albania dari Puncak Klasemen

Patrick Pinaria    •    10 Oktober 2016 03:46 WIB
timnas spanyol
Spanyol Kudeta Albania dari Puncak Klasemen
Diego Costa (Kiri) menyumbang gol untuk Spanyol saat menghadapi Albania (Foto: AFP/Andrej Isakovic)

Metrotvnews.com, Shkoder: Spanyol sukses memetik angka penuh kala bertandang ke markas Albania pada matchday ketiga grup G kualifikasi Piala Dunia 2018, Senin 10 Oktober. Keberhasilan tersebut ditorehkan La Furia Roja usai menaklukkan tuan rumah dengan skor 2-0.

Statistik mencatat Spanyol bermain dengan penguasaan bola sebanyak 75 persen. Mereka juga sukses mencatatkan 13 peluang dan menghasilkan enam tembakan mengarah ke gawang. 

Tampil di bawah tekanan membuat Albania kesulitan mengembangkan permainan. Buktinya, mereka hanya mampu menciptakan satu peluang.

Spanyol langsung memulai dominasinya sejak awal babak pertama. Tepatnya pada menit ketujuh, mereka menciptakan peluang lewat Gerard Pique. Namun, peluangnya masih belum berbuah maksimal.

Pada menit ke-18, Spanyol mendapat peluang emas dari Vitolo. Ia melepaskan tendangan usai mendapat umpan dari Thiago Alcantara yang masih bisa dibendung kiper Albania Etrit Berisha.

Nyaris saja Spanyol menciptakan gol pada menit ke-33 andai saja Diego Costa mampu memanfaatkan peluangnya dengan baik. Berawal dari umpan yang dikirim Sergio Ramos, striker milik Chelsea itu mendapat ruang kosong. Tetapi, ia harus kehilangan bola di dalam kotak penalti.

Hingga babak pertama usai, kedua tim tidak lagi mencetak gol. Skor 0-0 bertahan.

Memasuki babak kedua, Spanyol kembali menunjukkan dominasinya. Alhasil, tim besutan Julen Lopetegui itu berhasil memecah kebuntuan ketika laga baru berjalan 55 menit. Gol tersebut dicetak oleh Costa yang sukses meneruskan umpan matang dari David Silva.

Usai unggul, pelatih Spanyol Lopetegui mencoba untuk melakukan pergantian pemain di lini depan. Pada menit ke-60, ia memasukkan Nolito dan menarik Vitolo.

Keputusan Lopetegui menurunkan Nolito ternyata memberikan efek positif. Winger milik Manchester City itu sukses menggandakan keunggulan untuk Spanyol pada menit ke-63. Menerima umpan dari Nacho Monreal, Nolito melewati satu pemain Albania di dalam kotak. Usai itu, ia langsung menceploskan bola ke arah kanan pojok gawang yang tak mampu dijangkau Berisha.

Meski sudah unggul dua gol, Spanyol tak menurunkan tempo permainan. Mereka terus berupaya menekan pertahanan Albania. Namun, mereka tidak mampu menambah gol lagi dan memastikan kemenangan dengan skor 2-0 hingga laga usai.

Tambahan tiga poin membuat Spanyol sukses merebut puncak klasemen sementara Grup G dari Albania dengan mengoleksi tujuh poin. Kini, kedua tim berselisih satu poin.


Susunan pemain:

Albania: Etrit Berisha, Elseid Hysaj, Mergim Mavraj, Berat Xhimshiti, Ansi Agolli, Andi Lila, Ledian Memushaj/Migjen Basha (68'), Taulant Xhaka/Jahmir Hyka (75'), Ermir Lenjani/Naser Aliji (46'), Bekim Balaj, Odhise Roshi.

Spanyol: David De Gea, Sergio Ramos/Inigo Martinez (80'), Gerard Piqué, Nacho Monreal, Andres Iniesta/Isco (78'), Sergio Busquets, Koke, Thiago Alcantara, David Silva, Diego Costa, Vitolo/Nolito (60').



(PAT)

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF
Indonesia menuju juara Piala AFF 2016

Tiga Pemain Indonesia Masuk Skuat Terbaik Semifinal Piala AFF

14 minutes Ago

Tiga pemain timnas Indonesia masuk dalam skuat terbaik semifinal Piala AFF.…

BERITA LAINNYA
Video /