Kualifikasi Piala Asia U-19

Prediksi Indonesia vs Malaysia: Peluang Kubur Asa ke Putaran Final

Rendy Renuki H    •    06 November 2017 08:08 WIB
kualifikasi piala asia
Prediksi Indonesia vs Malaysia: Peluang Kubur Asa ke Putaran Final
Timnas Indonesia U-19 (Dok. PSSI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Timnas Indonesia U-19 akan melakoni laga panas kontra Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U-19, Senin 6 November pagi. Laga ini bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengubur asa Malaysia tampil ke putaran final Piala Asia tahun depan.

Pasalnya, kemenangan bagi Indonesia akan membuat langkah Malaysia kian sulit menembus fase kualifikasi. Indonesia, Malaysia, dan Korea Selatan kini meraih poin sama di klasemen Grup F, namun Malaysia dan Korsel masih menyisakan satu laga lagi.

Indonesia sendiri yang menempati posisi ketiga sudah dipastikan lolos otomatis apapun hasilnya pada laga terakhir ini karena berstatus tuan rumah di putaran final. Namun, tidak bagi Malaysia yang harus berjuang ekstra dan setidaknya finis di tempat kedua untuk lolos melalui undian runner-up terbaik.

Langkah mereka pun kian berat karena usai menghadapi Indonesia, Harimau Malaya akan melawan Korea Selatan pada laga terakhir. Jika kalah dari Indonesia, Malaysia tentu akan turun ke posisi ketiga klasemen Grup F dan kian berat mengejar Korsel yang kemungkinan besar akan mengantongi kemenangan dari Timor Leste sore nanti.

Sementara, pelatih Indonesia U-19 Indra Sjafri menegaskan timnya telah siap menghadapi Malaysia. Meski jauh dari tekanan pada kualifikasi ini, namun ia tetap mempersiapkan timnya dengan serius sebagai bekal di putaran final nanti.

Baca: Jadwal Siaran Langsung Indonesia vs Malaysia


"Kami sudah siap tempur melawan Malaysia. Kami sudah lihat gaya permainan mereka, semua pemain Malaysia kita waspadai. Evaluasi usai laga melawan Korea Selatan pun sudah kita lakukan," ujar Indra lewat rilis PSSI yang diterima Metrotvnews.com, Minggu (5/11/2017) lalu.

Jika menilik perjalanan kedua di fase kualifikasi ini, Indonesia diatas kertas masih lebih diunggulkan. Pasalnya, sebelum dikalahkan Korsel dengan skor 0-4, Garuda Nusantara mampu memetik kemenangan besar di dua laga awal.

Indonesia mampu menghajar Brunei Darussalam lima gol tanpa balas di laga pertama. Sementara, Timor Leste menjadi korban kedua Egy Maulana Vikri cs yang juga mencukur negara tetangga itu dengan skor yang sama.

Indonesia tampak lebih subur dan perkasa dari Malaysia ketika menghadapi Brunei dan Timor Leste. Pasalnya, meski sama-sama meraih kemenangan atas Brunei dan Timor Leste, tim Negeri Jiran meraihnya dengan tidak mudah.

Malaysia memetik kemenangan dari Timor Leste pada laga perdananya dengan skor 3-1. Sedangkan saat melawan Brunei, mereka hanya mampu mendapatkan kemenangan tipis 1-0 lewat gol tunggal striker mereka Muhammad Zafuan Azeman.

Namun, laga nanti diprediksi akan berjalan ketat karena kedua tim tentu ingin meraih kemenangan. Karena selain Indonesia yang menjaga gengsi, Malaysia utamanya sangat membutuhkan kemenangan untuk mengamankan tiket putaran final.

Sayang, Indonesia tampaknya tak bisa diperkuat kiper utama Muhammad Aqil Savik karena cedera pada laga terakhir melawan Korsel. Namun, Indra Sjafri masih bisa menurunkan seluruh skuat sisanya mulai dari lini belakang hingga lini serang.

Pun begitu dengan Malaysia yang tak satu pun pemainnya berhalangan tampil pada laga nanti. Termasuk Muhammad Zafuan Azeman yang menjadi pemain kunci dari tim Harimau Malaya.

Perkiraan susunan pemain:

Indonesia: Gianluca Pagliuca Rossy, Nurhidayat, Rachmat Irianto, Firza Andika, Rifat Marasabessy, Muhamad Luthfi, Muhammad Iqbal, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikry, Muhammad Rafli Mursalim.

Malaysia: Shafiq Afifi, M Syafiq Danial, M Al Imran Halim, M Azhar Apandi, M Izzudin Roslan, Ahmad Tasnin, M Zahril, M Zhafir Yusof, Saiful Iskandar, Shafizi Iqmal Khirudin, M Zafuan Azeman.

Prediksi Metrotvnews.com:
Indonesia 55 - 45 Malaysia

Video: Jelang Laga Panas Indonesia U-19 vs Malaysia
 


(REN)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

6 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /