Pada Hari Ini

1968: Italia Lolos ke Final Piala Eropa Setelah Menang Koin Tos

Krisna Octavianus    •    05 Juni 2017 07:11 WIB
pada hari ini
1968: Italia Lolos ke Final Piala Eropa Setelah Menang Koin Tos
Kapten Italia, Giacinto Faccheti mengangkat trofi Piala Eropa 1968 (Foto: UEFA.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada hari ini 49 tahun yang lalu atau tepatnya pada 5 Juni 1968, tim nasional Italia berhasil memenangi partai semifinal Piala Eropa atas Uni Soviet (Rusia). Uniknya, Gli Azzurri menang ditentukan dengan sebuah koin tos.

Italia harus menghadapi lawan yang sama yang menyingkirkan mereka di Piala Dunia 1966. Kali ini Uni Soviet siap menghadang mereka di semifinal Piala Eropa 1968 yang diselenggarakan di Naples, Italia.

BACA: Bhayangkara Paksa Persib Telan Kekalahan Kedua Beruntun

Dalam pertandingan yang dihelat dalam cuaca buruk tersebut, kedua tim sama-sama tak bisa mencetak gol dalam 120 menit. Pada saat itu tak dikenal adu penalti, sehingga nasib kedua tim dietntukan dengan koin tos.

Kapten Italia saat itu, Giacinto Faccheti dipanggil oleh wasit bersama dengan kapten Uni Soviet, Albert Shesternev untuk masuk ke dalam ruang ganti untuk melakoni koin tos. Gli Azzurri sangat beruntung kala itu, saat gambar koin pilihan Faccheti muncul di tangan wasit.

"Saya pergi dengan kapten Rusia," kata Facchetti. "Kami pergi ke kamar ganti bersama-sama. Wasit mengeluarkan sebuah koin tua dan saya memilih gambar ekor," sambungnya pada saat itu.

Italia pun berhasil melenggang ke final dan menghadapi Yugoslavia yang di babak empat besar mengalahkan Inggris dengan skor 2-0. Partai final harus dilangsungkan sebanyak dua kali setelah final pertama berakhir dengan skor 0-0. Untuk mencari pemenang, partai kedua dilangsungkan dan Italia menang dengan skor 2-0.

Kemenangan di Piala Eropa 1968 menjadi kemenangan satu-satunya Italia di ajang Piala Eropa sejauh ini. Pencapaian terbaik Gli Azzurri sejauh ini adalah menjadi finalis pada gelaran 2000 dan 2012. (UEFA)

 


(KRS)

Video /