Seleksi Timnas U-22 Tahap Kedua

Cara Menjaga Kebugaran Pemain Timnas U-22

Kautsar Halim    •    17 Januari 2019 19:49 WIB
soccertainmentpiala affTimnas U-22
Cara Menjaga Kebugaran Pemain Timnas U-22
Para pemain Timnas U-22 menjalani latihan jelang Piala AFF U-22 (Foto: ANTARA - Putra Haryo Kurniawan)

Untuk menjaga kebugaran para pemain, Dokter Timnas U-22 Syarif Alwi, memberlakukan aturan beragam. Mulai dari mengonsumsi nasi merah, pembatasan jam istirahat, hingga larangan mengonsumsi makanan berminyak.

Jakarta:
Dokter timnas U-22, Syarif Alwi, membeberkan kondisi kebugaran para pemainnya selama menjalani seleksi tahap kedua. Menurutnya, kebugaran para pemain sudah mengalami peningkatan.

Seleksi timnas U-22 sudah digelar sejak Senin 7 Januari atau sekitar sepekan yang lalu. Setiap harinya, kecuali Minggu, 35 pemain yang memenuhi panggilan harus latihan di lapangan maupun di luar lapangan.

Tentu, dibutuhkan kondisi prima agar bisa menjalani materi latihan dengan baik. Oleh karena itu, Syarif yang akrab disapa Papi tidak sembarangan memberi asupan makanan atau berbagai masukan untuk menjaga kebugaran.
 

Baca: Komentar Arema Soal IB Berpotensi Jadi Tersangka Mafia Bola


Dijelaskan Papi, para peserta seleksi mendapat pengawasan ketat soal pola makan dan jam tidur. Sebab, dua hal tersebut dianggap sangat berpengaruh terhadap pembentukan energi yang berkualitas. 

"Makanan yang dberikan di sini adalah nasi merah dan sereal dari gandum. Mereka (para pemain) tidak boleh makan yang pedas-pedas dan berminyak juga. Kalau makanan yang manis-manis masih boleh. Tapi diusahakan itu manisnya dari buah," papar Papi.

Selain itu, lanjut Papi, para pemain diberi pengetahuan tentang nutrisi yang diperlukan dalam berolahraga, juga soal jenis cedera dan bagaimana cara mencegahnya. Agar terealisasi dengan baik, Papi pun mengajari mereka cara melakukan pijatan yang benar dalam olahraga.
 

Baca juga: Joko Driyono Belum Bisa Penuhi Panggilan Satgas Anti-Mafia Bola


"Pelajaran itu memang sengaja kami berikan buat mereka. Sebab, kami juga berharap, pengetahuan itu (seputar menjaga kebugaran) bisa mereka bawa dan tularkan di klubnya masing," kata Papi.

Sementara itu, waktu tidur para peserta seleksi timnas U-22 disebutkan Papi paling lambat sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah itu, mereka harus berkumpul lagi untuk bersiap latihan pada pukul 06.00 WIB. Soal penggunaan telepon genggam juga bukan masalah besar asal para pemain bisa mengikuti jadwal latihan dengan benar.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: ?Persebaya Resmi Boyong Hansamu Yama




(ACF)