Jelang Timnas Indonesia vs Timnas Islandia

SUGBK Siap Digunakan Saat Timnas Indonesia Menjamu Islandia

Riyan Ferdianto    •    11 Januari 2018 14:32 WIB
timnas indonesiatimnas islandia
SUGBK Siap Digunakan Saat Timnas Indonesia Menjamu Islandia
Suasana terkini SUGBK. (Foto: Medcom.id/ Riyan Ferdiyanto)

Jakarta: Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bersolek jelang menjadi tuan rumah pembukaan Asian Games 2018. Berbagai fasilitas juga sudah rampung. Stadion ini juga dijadwalkan menggelar pertandingan Timnas Indonesia menjamu Islandia pada Minggu 14 Januari 2018.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) SUGBK Kusworo Darpito mengungkapkan, sudah melakukan koordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan SUGBK dinyatakan sudah siap dipergunakan untuk pertandingan Timnas Indonesia kontra Timnas Islandia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan PSSI. SUGBK sudah siap," kata Kusworo saat ditemui di SUGBK. 

Baca: Pengamat: Piala Dunia 2018 Bisa Redam Situasi Politik


Menurut Kusworo, pertandingan Indonesia melawan Islandia menjadi ajang uji coba stadion SUGBK yang baru selesai direnovasi. Selain itu, momen tersebut bakal dimanfaatkan untuk mengevaluasi apabila terdapat kekurangan.

"Bahwa kesempatan ini membuat kita mengetahui beberapa hal yang kurang sempurna, karena ini uji coba dan mohon maaf apa bila ada yang belum sempurna. Di situ lah kalau ada masukan untuk kita dan kita coba untuk memperbaiki," jelasnya.

Sejak mulai direnovasi pada Juli 2017, stadion ini telah rampung 100 persen dan telah melakukan perubahan mencolok dibuat dari segi fasilitas dan arsitektur. Salah satunya adalah bangku penonton, yang sebelumnya menggunakan banggu panjang sekarang dipasangkan single shit bernuasa merah putih. Meski mengurangi kapasitas dari 80.000 bangku penonton menjadi 78.000, namun kondisi ini diyakini lebih nyaman dari sebelumnya.

Perubahan juga terlihat dari lampu penerangan stadion. Sebanyak 620 lampu LED dipasang mengelilingi stadion untuk memastikan pencahayaan selama pertandingan dengan tingkat kecerahan mencapai 3.500 lumens.

Baca: 2018, Tahun Sepak Bola bagi Indonesia


Untuk rumput lapangan juga menggunakan Zoysia Matrella yang biasa disebut rumput Manilla. Rumput ini sudah sesuai dengan standar sepak bola dunia atau FIFA.

Sementara itu, untuk meningkatkan keamanan di dalam stadion sebanyak 250 Teknologi closed circuit-television (CCTV) telah terpasang di seluruh penjuru stadion. Tujuh di antaranya merupakan CCTV 7k yang memiliki kemampuan zoom in tinggi.  "Jadi semua pergerakan penonton semua akan terekam, bahakan terlihat jelas," tambah Kusworo.

Islandia dijadwalkan akan menggelar dua kali laga uji coba di Indonesia. Usai melawan Timnas Indonesia Selection pada 11 Januari di Sleman, Islandia selanjutnya akan menghadapi Timnas Indonesia pada 14 Januari di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Tak ingin ketinggalan berita bola? Follow instagram kami @medcom_bola

Video: Hadapi Islandia, Milla Panggil 24 Pemain


(ASM)


Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?
Final Piala AFF 2018

Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?

20 hours Ago

Media Malaysia menurunkan tulisan tentang tingkah laku wartawan Vietnam selama Final Piala AFF …

BERITA LAINNYA
Video /