Pada Hari Ini

2002: Kisah Memilukan Inter yang Gagal Meraih Scudetto

Patrick Pinaria    •    05 Mei 2017 09:58 WIB
pada hari ini
2002: Kisah Memilukan Inter yang Gagal Meraih Scudetto
Striker Inter Ronaldo menunduk usai timnya dikalahkan Lazio dengan skor 2-4 pada laga terakhir Liga Serie-A Italia musim 2001--2002 (Tdifh)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 5 Mei 2002 atau 15 tahun silam menjadi momen bersejarah bagi Juventus. Kala itu, I Bianconeri sukses menjadi juara Liga Serie-A Italia 2001--2002.

Meraih gelar Liga Serie-A Italia tentu terasa istimewa bagi Juventus saat itu. Sebab, gelar tersebut merupakan gelar ke-26 bagi La Vecchia Signora.

Di sisi lain, keberhasilan Juventus menjadi juara menjadi cerita menyakitkan bagi Inter Milan. Pasalnya, I Nerazzurri awalnya sudah berada di puncak klasemen sejak 24 Maret. 

Bahkan, kesempatan Inter meraih gelar terbuka lebar setelah Juve ditahan imbang Lazio pada 30 Maret. Hasil itu membuat Inter berhasil memimpin enam poin dari Juventus.

Baca: Trio PSG Dianggap Jadi Kunci Kemenangan MU atas Persija

Namun, peruntungan Inter berubah setelah itu. Mereka gagal mempertahankan performa mereka dalam empat laga berikutnya. Dalam periode itu, mereka hanya mampu menuai dua kemenangan dan meraih dua kali imbang. 

Dalam periode yang sama, Juventus justru mampu meraih kemenangan secara beruntun dalam empat laga berikutnya. Hasil tersebut membuat La Baneamata berada dalam posisi terjepit untuk mempertahankan posisi puncak klasemen.

Sebab, mereka tinggal berjarak satu poin dari Juventus. Bahkan, mereka hanya unggul dua poin dari Roma yang berada di peringkat ketiga.

Inter pun semakin was-was karena mereka harus menghadapi lawan cukup tangguh seperti Lazio pada pekan terakhir. Sementara itu, Juventus menghadapi Udinese dan Roma menghadapi Torino.

Baca: Gol Tunggal Odemwingie Bawa MU Taklukkan Persija

Pelatih Roma Fabio Capello sempat membuat prediksi untuk hasil-hasil dalam tiga laga tersebut. Ia menilai Inter, Juventus, dan Roma akan meraih kemenangan sehingga tidak ada perubahan klasemen yang akan terjadi pada partai terakhir.

Namun, prediksi Capello tidak tepat. Inter justru harus menuai kekalahan dari Lazio dengan skor 2-4. Sementara itu, Juventus berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 dan Roma menang dengan skor 1-0.

Hasil tersebut membuat Juventus naik ke puncak klasemen dengan mengoleksi 71 poin dan memastikan diri sebagai juara pada musim 2001--2002. Sedangkan posisi runner-up ditempati oleh Roma dan posisi ketiga ditempati Inter. (TDIFH)


Video: Pertahanan Juventus Masih yang Terbaik

 


(PAT)

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang
Jelang Manchester City vs Napoli

Hadapi City, Napoli Diminta Istirahatkan Bintang

10 hours Ago

Meski laga melawan City menjadi pertarungan penting, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis just…

BERITA LAINNYA
Video /