Kualifikasi Piala Dunia 2018

AFC Buka Penyelidikan soal Dugaan Kecurangan di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Dunia

Krisna Octavianus    •    06 September 2017 23:17 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
AFC Buka Penyelidikan soal Dugaan Kecurangan di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Dunia
Pemain Suriah merayakan lolosnya mereka ke babak play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 (Foto: AFP/ATTA KENARE)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) telah meluncurkan sebuah penyelidikan mengenai kemungkinan pelanggaran pada laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018. Diduga ada "main mata" dalam laga penentuan yang lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan.

Jepang dan Arab Saudi berhasil menyegel lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 dari Grup B. Sementara itu, Korea Selatan menemani Iran yang maju dari Grup A.

BACA: Sumbang Perunggu, Yabes Roni Dihadiahi Rumah

Sedangkan, Suriah melanjutkan kisah dongeng mereka yang luar biasa dengan menyamakan kedudukan pada menit-menit akhir melawan Iran di Teheran yang berkesudahan 2-2 . Gol Omar Al Soma membuat asa lolos ke Piala Dunia masih ada lewat babak play-off melawan Australia, dengan Uzbekistan turun ke posisi keempat kalah selisih gol.

Australia dan Suriah saling berhadapan satu sama lain dalam laga dua leg bulan depan, dengan pemenangnya akan berhadapan dengan tim urutan keempat dari zona Amerika Utara (CONCACAF) untuk memastikan satu tiket Piala Dunia.

AFC tidak menyebutkan tuduhan spesifik apapun dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari ini, Rabu 6 September. Akan tetapi, AFC memberikan catatan kepada anggotanya baru-baru dan mengingatkan akan kewajiban mereka di bawah "prinsip netralitas politik".

BACA: Cristiano Ronaldo Pamer Ferrari Terbaru Miliknya

Konfederasi Sepak Bola Asia telah memulai penyelidikan menyusul laporan pelanggaran peraturan pada laga terahir babak kualifikasi Piala Dunia 2018 yang dimainkan pada tanggal 5 September 2017.

"AFC saat ini menunggu untuk menerima semua laporan yang relevan sebelum melanjutkan dengan langkah selanjutnya. AFC juga akan bekerja sama dengan badan sepak bola dunia, FIFA, untuk memberikan laporan penting mengenai hal-hal yang termasuk dalam yurisdiksi FIFA," tulis pernyataan resmi AFC.

"Pada Juni, AFC bersurat kepada asosiasi anggotanya untuk mengulangi bahwa semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam sepak bola Asia harus menghormati asas netralitas politik," demikian pernyataan resmi AFC.

 


(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

23 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /