Piala Super Eropa 2017

Kutukan untuk Mourinho dan Kejayaan Madrid yang Menyerupai Milan

A. Firdaus    •    09 Agustus 2017 07:29 WIB
liga dunia
Kutukan untuk Mourinho dan Kejayaan Madrid yang Menyerupai Milan
Jose Mourinho dan beberapa penggawa MU meratapi perayaaan juara Real Madrid di Piala Super Eropa (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Skopje: Piala Super Eropa yang merupakan laga pembuka bagi klub-klub Benua Biru menjalani kompetisi baru telah digelar. Pada edisi 2017 ini, Real Madrid keluar sebagai juara usai membekap Manchester United 2-1 di Philip Arena, Skopje dini hari tadi WIB.

Bagi El Real kemenangan ini merupakan gelar keempat mereka, selama mendapatkan kesempatan bertarung di ajang yang mempertemukan juara Liga Champions dengan jawara Liga Europa tersebut.

Bahkan dengan kesuksesan ini, Madrid adalah klub pertama yang menjuarai Piala Super Eropa secara beruntun dalam dua musim terakhir. Pencapaian tersebut menyerupai aksi para penggawa AC Milan pada musim 1989 dan 1990.

Klik di sini: Mourinho Menilai Gol Casemiro Tidak Sah karena Offside

Sosok Zinedine Zidane tak bisa lepas dari apa yang diraih El Real selama ini. Ia mampu menciptakan sejarah bagi klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu tersebut.

Dalam 582 hari tugasnya sebagai entrenador El Real, Zidane telah membawa enam piala besar ke lemari trofi Madrid. Berarti dalam 97 hari, mantan pemain Timnas Prancis itu selalu menghadirkan satu piala.

Klik di sini: Gagal Bersinar di Barca, Arda Turan Diincar Mantan Klub

Di sisi lain, kegagalan United dalam mempersembahkan gelar Piala Super Eropa menghadirkan kutukan buat pelatih Jose Mourinho. Lalu mengapa dianggap sebagai sebuah kutukan untuk Mourinho, berikut penjelasannya dengan diiringi beberapa fakta dari laga dini hari tadi.

-Jose Mourinho ternyata belum pernah mengalahkan Real Madrid. Bertemu lima kali dengan mantan klub yang pernah ia tukanginya itu, Mourinho hanya pernah sekali bermain imbang dan empat kali menelan kekalahan.

-Mourinho juga telah menelan kekalahan tiga kali dalam tiga kesempatan membawa klub yang ia pegang berlaga di Piala Super Eropa yaitu pada 2003, 2013, dan 2017.

-Romelu Lukaku mencetak gol debut resminya untuk United. Itu ternyata juga mampu ia lakukan ketika menjalani debut bersama Everton dan West Bromwich Albion. Satu-satunya klub Inggris yang gagal ia sumbangkan gol adalah Chelsea.

-Manchester United kini telah gagal dalam tiga final Piala Super Eropa terakhir mereka (1999, 2008, dan 2017).
 
-Zinedine Zidane telah meraih enam trofi dalam delapan kesempatan. Dua trofi yang dilewatkan Zizou adalah La Liga dan Copa del Rey pada musim 2016-2017.

-Zidane juga telah memenangkan empat kali Piala Super Eropa. Dua kali sebagai pemain saat membela Juventus 1996)dan Madrid 2002. Sementara sebagai pelatih diraihnya saat menukangi Los Blancos pada 2016 dan 2017.

-Casemiro menjadi sosok yang paling manarik di kubu Madrid. Ia selalu mencetak gol di dua laga resmi Madrid. Yaitu pada final Liga Champions dan Piala Super Eropa.

-Gareth Bale membantu gol perdananya di Real Madrid sejak November 2016 melawan Atletico Madrid.

-Di Santiago Bernabeu, Bale telah meraih sembilan trofi dalam empat musim bersama El Real.
 
-Meski berhasil menyamai pencapaian Milan meraih gelar Piala Super Eropa dalam dua musim beruntun, ternyata Madrid belum bisa menyamai torehan gelar yang diraih Barca dan Milan dengan menjadi pengoleksi terbanyak Piala Super Eropa dengan raihan lima kali juara.

-Delapan dari sembilan laga terakhir Piala Super Eropa dimenangkan oleh tim Spanyol. Barcelona (2009, 2011, 2015), Atletico Madrid (2010 dan 2012), Real Madrid (2014, 2016, dan 2017).

-Madrid dalam 11 laga final Internasional mereka selalu meraih kemenangan. Tercatat mereka mencetak 27 gol, 10 kebobolan, dan 11 trofi.

Messi Pemain Terbaik Sepanjang Sejarah La Liga, Ronaldo ke-17
 


(FIR)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /