Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Robben Cetak Dua Gol, Belanda Tidak Lolos ke Piala Dunia 2018

Kautsar Halim    •    11 Oktober 2017 06:41 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Robben Cetak Dua Gol, Belanda Tidak Lolos ke Piala Dunia 2018
Reaksi Arjen Robben setelah membantu Belanda menaklukkan Swedia 2-0. (AFP PHOTO / EMMANUEL DUNAND)

Metrotvnews.com, Amsterdam: Belanda berhasil menutup fase Kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan baik. Mereka sukses menaklukkan Swedia 2-0 di Stadion Amsterdam ArenA pada Rabu 11 Oktober dini hari WIB. Sayang, kemenangan itu belum cukup kuat untuk menjaga asa menuju putaran final Piala Dunia 2018 karena De Oranje kalah selisih gol di klasemen Grup A.

Tugas Belanda untuk menyalip Swedia dari urutan dua klasemen Grup A memang sudah berat sebelum pertandingan dimulai. Pasalnya, Belanda wajib menang dengan skor tujuh gol tanpa balas apabila ingin lebih unggul dari Swedia.

Meski berat, upaya terbaik sudah ditunjukkan anak-anak asuh Dick Advocaat di sepanjang pertandingan. Belanda berhasil mendominasi laga dengan penguasaan bola mencapai 65 persen dan peluang emas pun lebih sering datang untuk Belanda. 


Klik: Giroud Jadi Rebutan Dua Raksasa Italia


Tetapi, pertahanan Swedia juga tidak mudah ditembus begitu saja. Mereka sudah mengetahui bakal mendapat gempuran hebat dari Belanda yang bertekad menang besar.

Dua gol kemenangan Belanda dicetak oleh Arjen Robben yang juga penggawa Bayern Muenchen. Gol pertamanya lahir dari titik putih penalti pada menit ke-16, sedangkan gol keduanya tercipta setelah menerima umpan Ryan Babel pada menit ke-40.


Klik: Tundukkan Belarusia, Prancis Lolos ke Piala Dunia 2018


Agresivitas Belanda tidak menurun ketika memainkan babak kedua. Namun, Swedia lebih memilih fokus bertahan sambil sesekali memberikan perlawanan dengan serangan balik. Kondisi ini membuat keunggulan 2-0 untuk Belanda tetap bertahan hingga laga berakhir.

Kekalahan atas Belanda tidak menggeser posisi kedua yang diduduki Swiss di klasemen Grup A. Meski akhirnya sama-sama mengoleksi 19 poin, namun Belanda tetap finis di urutan tiga karena kalah selisih gol. Sementara itu, tiket lolos otomatis dari Grup A direbut Prancis yang memuncaki klasemen dengan kumpulan 23 poin.



Susunan Pemain

Belanda: Cilessen, Blind, Rekik, Ake, van Dijk, Tete, Robben, Wijnaldum, Vilhena, Babel, Janssen.

Swedia: Olsen, Granqvist, Lustig, Lindelof, Augustinsson, Johansson, Larsson, Claesson, Berg, Toivonen, Forsberg.

 


(KAU)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /