Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia

Ditahan Imbang Jepang, Australia Lengser dari Puncak Klasemen

Kautsar Halim    •    12 Oktober 2016 03:33 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Ditahan Imbang Jepang, Australia Lengser dari Puncak Klasemen
Suasana laga Australia vs Jepang. (Paul Crock / AFP)

Metrotvnews.com, Melbourne: Australia gagal mempertahankan tren positif sebagai pemuncak klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia. Itu terjadi setelah The Socceroos--julukan Australia ditahan imbang Jepang dengan skor, 1-1.

Bertanding di Stadion Etihad, Melbourne, Selasa 11 Oktober, Australia yang berstatus sebagai tuan rumah malah terlihat lebih kerepotan ketika menjamu Jepang. Mereka tertinggal lebih dulu dan baru mampu membalas lewat titik penalti.

Gol pembuka Jepang lahir dari kaki Genki Haraguchi ketika laga baru berjalan lima menit. Gol ini tercipta dengan apik karena dilakukan lewat serangan balik yang cukup cepat. Haraguchi sempat menerima umpan terobosan Keisuke Honda sebelum menyeploskan bola ke dalam gawang.

Klik: Butuh Rp5,7 Triliun untuk Renovasi Santiago Bernabeu

Australia baru berhasil menyamakan kedudukan pada babak kedua atau tepatnya di menit ke-52. Saat itu, mereka mendapat hadiah penalti karena Haraguchi mendorong salah satu pemain Australia di area terlarang. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh Mile Jedinak yang ditunjuk sebagai eksekutor penalti.

Tim tuan rumah sempat mendominasi permainan seusai membalas ketertinggal. Namun, upaya tersebut belum membuahkan hasil dan skor imbang 1-1 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan hasil imbang ini, artinya Australia dan Jepang sama-sama mendapat tambahan satu poin. Kondisi tersebut tidak menguntungkan bagi keduanya karena membuat Arab Saudi yang menang atas 
Uni Emirat Arab (UEA) memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 10 poin. Australia yang tadinya berada di urutan teratas harus turun satu peringkat dengan kumpulan 8 poin, sedangkan Jepang berada di urutan ketiga dengan koleksi 7 poin.

 


(KAU)

Video /