Xavi Bakal Latih Timnas Qatar Menuju Piala Dunia 2022

Kautsar Halim    •    16 April 2018 14:40 WIB
barcelonaliga dunia
Xavi Bakal Latih Timnas Qatar Menuju Piala Dunia 2022
Xavi Hernandez. (Foto: Daily Mail)

Doha: Mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, mengklaim bakal membantu timnas Qatar agar mampu bersaing di Piala Dunia 2022. Namun, kontribusinya kali ini bukan sebagai pemain melainkan sebagai pelatih.

Setelah meninggalkan Barcelona, Xavi yang saat ini berusia 38 tahun tetap aktif menjadi pesepakbola profesional bersama klub Al Saad di Qatar. Tapi, profesinya itu tidak akan bertahan lama karena ia berencana gantung sepatu pada akhir musim ini.

"Saya pastikan bakal membantu Qatar. Tapi, belum tahu juga nantinya bakal menjadi penasihat, asisten pelatih atau bahkan kepala pelatih. Saya akan membantu generasi pesepakbola di sini agar mampu bersaing menyambut Piala Dunia 2022," kata Xavi seperti dikutip Daily Mail.

"Saat ini, kami sudah menuju ke arah sana karena sedang bekerja cukup dekat juga dengan Felix Sanchez (pelatih timnas Qatar). Saya sudah memantau liga di sini untuk mencari para pemain yang memiliki visi ingin bersaing pada Piala Dunia selanjutnya," tambah pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut.
 

Klik: Pesan Menpora untuk Peserta Hansaplast Liga Topskor U-13


Timnas Qatar dipastikan menjadi peserta Piala Dunia karena negaranya bakal menjadi tuan rumah pada 2022. Tapi bukan itu yang melatarbelakangi Xavi ingin melatih Qatar.  Ia tertarik  karena ingin mendapat pengalaman pertama yang baik sebagai pelatih. Selain itu, dia juga terkesima dengan pembangunan sepak bola di salah satu negara penghasil minyak tersebut.

"Tetapi keinginan ini (menjadi kepala pelatih) masih sebuah kemungkinan. Sebab, pertama-tama, saya harus mendapatkan lisensi pelatih dan melihat progresnya saat benar-benar menangani sebuah tim. Jadi, saya memang butuh pengalaman melatih," tutup Xavi.

Meski belum pensiun, Xavi sudah dilibatkan dalam sejumlah program pembangunan sepak bola di Qatar. Ia bergabung dengan proyek Generation Amazing yang bertujuan membantu sekolah-sekolah sepak bola lokal  serta proyek pembangunan stadion sepak bola di wilayah yang tidak memungkinkan. (Daily Mail)




(KAU)