Piala AFF U-16

AFF Tindaklanjuti Laporan FAM terkait Umpatan Oknum Suporter Indonesia

A. Firdaus    •    01 Agustus 2018 21:32 WIB
piala aff
AFF Tindaklanjuti Laporan FAM terkait Umpatan Oknum Suporter Indonesia
AFF (Foto: AFF)

Surabaya: Federasi sepak bola ASEAN (AFF) angkat bicara terkait insiden perlakuan suporter Indonesia terhadap tim nasional Malaysia U-16. Mereka akan mempelajari kasus tersebut dengan bimbingan konfederasi sepak bola Asia (AFC).

Insiden tersebut terjadi ketika timnas Malaysia melawan Thailand pada laga perdana Grup A Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik Senin 30 Juli lalu. Ketika itu oknum suporter Indonesia meneriakkan dengan umpatan kepada tim Malaysia.

Federasi sepak bola Malaysia (FAM) melakukan protes atas insiden itu. Mereka bahkan telah mengirim surat protes itu ke AFF dan AFC.

"Football Association of Malaysia (FAM) hari ini telah mengirim surat protes ke ASEAN Football Federation (AFF) dan Asian Football Confederation (AFC) terkait aksi ekstrim yang dilakukan suporter tuan rumah, Indonesia, yang menghina nama Malaysia dengan teriakan "Malaysia itu anjing" saat skuat Raja Azlan Shah Raja So'ib menjalani pertandingan pertama AFF U-16 2018 menghadapi Thailand di Surabaya, Indonesia, tadi malam," demikian pernyataan resmi FAM.

Menanggapi protes tersebut, AFF mengeluarkan surat terbuka melalui situs resmi mereka, dan akan mengumpulkan bukti-bukti sebelum memutuskan tindakan yang tepat. Berikut pernyataan AFF melalui situs resmi mereka.

Federasi Sepak Bola ASEAN mengambil pandangan yang sangat serius tentang insiden yang terjadi selama pertandingan Thailand versus Malaysia pada 30 Juli 2018 di Stadion Joko Samudro.

AFF sedang dalam proses mengumpulkan semua bukti yang berkaitan dengan masalah ini sebelum memutuskan tindakan yang tepat untuk diambil di bawah bimbingan Konfederasi sepak bola Asia.

Sebelum dimulainya Kejuaraan AFF U16, AFF telah mengambil setiap langkah pengamanan kehati-hatian, melalui hubungan dekat kami dengan FA Indonesia (PSSI), untuk menghindari terulangnya insiden buruk yang terjadi selama kejuaraan AFF U16.

Keamanan dan keselamatan pemain dan pejabat tetap menjadi pertimbangan terpenting dalam penyelenggaraan setiap turnamen AFF dan kami akan mengambil setiap langkah yang diperlukan untuk mencegah lebih jauh kasus perilaku buruk penonton.

Mengingat persaingan yang ketat antara Indonesia dan Malaysia, AFF berharap bahwa semua perwakilan tim akan menahan diri dari membuat pernyataan provokatif di media sosial yang akan memperburuk situasi lebih lanjut.


Sebenarnya, jika dirunut lebih jauh lagi, dugaan umpatan yang dilontarkan oknum suporter Indonesia itu sebagai bentuk balasan atas postingan Amirul Ashariq Hanifah, salah satu penggawa Timnas Malaysia U-16 jelang keberangkatan ke Surabaya.

Dalam fitur insta-story, Amirul membuat publik Indonesia geram lantaran ia memasang foto bendera Indonesia secara terbalik (putih-merah bukan merah putih).

Meski sudah meminta maaf dan mengklarifikasi bahwa ia tidak sengaja melakukannya, namun publik Indonesia sudah kadung kecewa dan marah sehingga berimbas pada terjadinya insiden umpatan yang dilakukan oknum suporter Indonesia ke tim Malaysia yang tengah berlaga di Piala AFF U-16.

Ezra Walian Tak Bisa Perkuat Timnas di Asian Games



(ACF)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

6 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /