Kualifikasi Piala Dunia Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia

Dikalahkan Tim Terlemah, Amerika Serikat Absen di Piala Dunia 2018

Kautsar Halim    •    11 Oktober 2017 10:33 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Dikalahkan Tim Terlemah, Amerika Serikat Absen di Piala Dunia 2018
Suasana laga Trinidad & Tobago vs Amerika Serikat. (Ashley Allen/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, San Fernando: Amerika Serikat dipastikan gagal menjadi kontestan Piala Dunia 2018 Rusia. Itu terjadi lantaran mereka dikalahkan Trinidad & Tobago dengan skor 2-1 pada laga pamungkas fase kualifikasi.

Amerika Serikat dan Trinidad & Tobago termasuk negara yang berada di Zona Amerika Utara, Tengah dan Karibia (CONCACAF). Laga keduanya berlangsung di Stadion Ato Boldon, San Fernando, pada Rabu 11 Oktober pagi WIB.

Secara di atas kertas, Trinidad & Tobago merupakan tim terlemah karena sedang menghuni urutan paling buncit klasemen dengan koleksi tiga poin sebelum menghadapi Amerika Serikat. Itu terjadi karena Trinidad & Tobago hanya mampu menang sekali dan delapan kali kalah.

Namun, apapun bisa terhadi di lapangan hijau. Buktinya Trinidad & Tobago malah tampil penuh semangat dan bisa memberikan perlawanan dengan baik pada laga pamungkas. Terlebih lagi, Trinidad dipastikan tidak akan lolos kualifikasi meski menang atas Amerika Serikat.
 

Klik: Hattrick Messi Bawa Argentina ke Piala Dunia 2018


Jalannya pertandingan berlangsung sengit dengan jual beli serangan yang diperagakan kedua tim pada sepanjang laga.  Amerika Serikat harus terima tertinggal lebih dulu pada menit ke-17 lewat gol bunuh diri yang dicetak beknya, Omar Gonzales.

Tingginya intensitas serangan yang terus dibangun berhasil membuat Trinidad Tobago menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Gol tersebut dicetak Alvin Jones setelah menerima umpan Khaleem Hyland.

Amerika Serikat juga meningkatkan ritme permainan ketika memainkan babak kedua. Namun upaya itu hanya melahirkan satu gol balasan yang dicetak Christian Pulisic pada menit ke-47.  
Setelah itu, tidak ada gol tambahan lagi yang tercipta hingga laga berakhir.


Klik: Hazard Bersaudara Bantu Belgia Benamkan Siprus


Dengan kekalahan ini artinya Amerika Serikat menyelesaikan fase kualifikasi Piala Dunia 2018 dengan berada di urutan lima. Mereka dinyatakan tidak lolos karena hanya terdapat tiga slot  lolos otomatis dan satu slot ke fase playoff.

Ini merupakan kegagalan pertama Amerika Serikat sejak 1986. Sebelumnya mereka selalu berhasil melewati fase kualifikasi dan lolos ke putaran final Piala Dunia.

Selain kalah atas Trinidad & Tobago, kemenangan Honduras dan Panama pada laga pamungkas juga punya pengaruh besar atas kegagalan Amerika Serikat. Keduanya sama-sama mendapat tambahan tiga poin hingga akhirnya finis di urutan tiga dan empat.

 


(KAU)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

9 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /