UEFA

Luis Figo Ditunjuk jadi Penasihat UEFA

Patrick Pinaria    •    12 Oktober 2017 07:13 WIB
uefa
Luis Figo Ditunjuk jadi Penasihat UEFA
Luis Figo (Foto: AFP/Marco Bertorello)

Metrotvnews.com, Nyon: Legenda Portugal Luis Figo kini resmi menjadi anggota Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Mereka menunjuk mantan pemain Real Madrid tersebut sebagai penasihat di bidang sepak bola.

Figo sebelumnya kerap dikabarkan ingin bergabung dengan federasi sepak bola usai pensiun sebagai pemain. Bahkan, ia pernah mengumumkan niatnya untuk mencalonkan sebagai kandidat Presiden FIFA pada 2015.

Namun, Figo memilih mundur dari pencalonan presiden karena menganggap adanya ketidakjelasan dalam prosedur pemilihan para calon presiden. 

Baca: Arturo Vidal Pensiun dari Timnas Cile

Setelah dua tahun berselang, Figo kini akhirnya bergabung dengan UEFA. Ia ditunjuk sebagai penasihat dan juga duta besar dalam induk sepak bola Eropa itu. Selama menjabat penasihat, Figo akan menjalankan beberapa tugasnya seperti aspek teknis permainan, hukum permainan dan daya tarik keseluruhan olahraga.

"Sepak bola terus berkembang. Saya mendapat kehormatan untuk terlibat dengan UEFA dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Aleksander Caferin (Presiden UEFA) karena telah memberi saya kesempatan ini," ujar Figo.

"Saya belajar banyak dari sepak bola sehingga sekarang saya sangat menantikan untuk membagikan pengalaman saya dalam federasi ini," lanjutnya.

Baca: Barcelona Kembali Layangkan Tawaran untuk Coutinho

Presiden UEFA, Caferin juga menyambut gembira dengan ketersediaan Figo bergabung dengan federasinya. Ia percaya segudang pengalaman Figo selama berkarier di sepak bola akan membantu kemajuan sepak bola Eropa.

"Luis Figo adalah pemain fantastis yang teladan dalam cara ia mengembangkan dirinya baik di dalam maupun di luar lapangan. Ia adalah sosok yang sangat dihormati dalam permainan. Saya sangat senang ia bergabung dengan tim kami. Pengalaman sepak bolanya yang luar biasa akan menjadi aset berharga bagi UEFA," tutur Caferin.

Figo mengawali karier profesionalnya sebagai pesepak bola pada musim 1989--1990. Selama 20 tahun menjadi pemain, ia membela empat klub di Eropa seperti Sporting CP, Barcelona, Real Madrid, dan Inter Milan. Dalam periode tersebut, Figo sukses meraih 22 gelar. (Soccerway)


Video: Bhayangkara FC Terancam tak Bisa ke Level Asia

 


(PAT)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

21 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /