Pada Hari Ini

1962: Brasil Pulangkan Spanyol Tanpa Bantuan Pele

Kautsar Halim    •    06 Juni 2017 06:10 WIB
piala duniapada hari ini
1962: Brasil Pulangkan Spanyol Tanpa Bantuan Pele
Amarildo dan Pele merayakan kemenangan Brasil. (Foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 6 Juni 1962 silam, Brasil yang berstatus sebagai juara bertahan berhasil menaklukkan Spanyol 2-1 di laga pamungkas fase grup Piala Dunia. Kemenangan itu bermakna spesial karena tanpa dibantu sang legenda dunia, Pele.

Berkat kemenangan itu, Brasil berhak melangkah ke fase gugur dengan status juara grup. Sementara itu, Spanyol harus tereliminasi karena berada di urutan paling buncit di antara dua tim lainnya, yakni Cekoslowakia dan Meksiko.

Spanyol berhasil menaklukkan Meksiko pada laga kedua fase grup dengan skor, 1-0. Namun sebelum dikalahkan Brasil, Spanyol memang sudah keok 1-0 lebih dulu ketika menghadapi Cekoslowakia pada laga pertama.


Klik: Adam Alis Gantikan Lilipaly di Timnas Indonesia U-22


Kemenangan Brasil atas Spanyol makin spesial karena laga tersebut tidak diperkuat Pele yang prestasinya sedang menanjak. Kala itu, Pele terpaksa digantikan Amarildo karena cedera saat membantu Brasil pada laga sebelumnya.

Absennya Pele dimanfaatkan Spanyol dengan mencetak gol lebih dulu pada menit ke-35. Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama karena Amarildo berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-72 dan mencetak gol penentu pada menit ke-86. Laga akhirnya ditutup dengan skor 2-1 untuk kemenangan Brasil.

Kesuksesan di fase grup memuluskan langkah Brasil untuk menjuarai Piala Dunia 1962. Itu terjadi karena mereka kembali ditantang Cekoslowakia pada final.


Klik: Harapan Milla Saat Indonesia Hadapi Kamboja dan Puerto Rico


Setelah bertanding sengit di final, Brasil akhirnya mampu menang dengan skor, 3-1. Kemenangan itu membuat Brasil meraih gelar juara Piala Dunia sebanyak dua kali berturut-turut.

Sejatinya nama Pele didaftarkan sebagai pemain cadangan pada laga final, namun ia tidak dimainkan hingga laga usai. Sebelum final, Brasil juga berhasil menaklukkan Inggris pada perempat final dan Cile pada semifinal. Namun kemenangan itu sama-sama diraih tanpa bantuan  Pele. (tdifh)

 


(KAU)

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain
Bursa Transfer Pemain

Arsenal Terancam Kehilangan Chamberlain

15 hours Ago

Arsenal masih dipusingkan dengan isu masa depan para pemainnya. Selain Alexis Sanchez, The Gunn…

BERITA LAINNYA
Video /