Pada Hari Ini

1965: Akhirnya Cile Ikut Piala Dunia di Eropa

Kautsar Halim    •    12 Oktober 2016 08:45 WIB
pada hari ini
1965: Akhirnya Cile Ikut Piala Dunia di Eropa
Skuat Chile pada Piala Dunia 1966. (Foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tepat pada hari ini, 12 Oktober 1965, Cile berhasil menaklukkan Ekuador pada fase playoff Kualifikasi Piala Dunia 1966 Zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Kemenangan tersebut memiliki sejarah tersendiri, karena artinya Cile bisa berlaga untuk pertama kalinya di ajang Piala Dunia yang terselenggara di Eropa.

Butuh waktu sekitar 12 tahun bagi Cile sebelum akhirnya memastikan diri menjadi salah satu peserta di ajang Piala Dunia 1966 yang terselenggara di Inggris. Sebelumnya, mereka sempat mundur dari Piala Dunia 1934 Italia dan Piala Dunia Prancis 1938. Setelah itu, mereka tidak lolos di fase kualifikasi Piala Dunia 1954 Swiss dan Piala Dunia 1958 Swedia.

Dalam fase kualifikasi Piala Dunia 1966 Zona Amerika Selatan, Cile tergabung dalam grup yang diisi lawan berat seperti Ekuador dan Kolombia. Namun, dalam hal ini pesaing Cile sesungguhnya adalah Ekuador.

Cile dan Ekuador memiliki hasil imbang seusai melakoni empat pertandingan kualifikasi. Masing-masing dari mereka sama-sama mengumpulkan tujuh poin setelah menang dua kali, seri sekali, dan kalah sekali.

Pelatih Inggris Semringah Bisa Curi Poin dari Slovenia

Sejatinya, Cile lebih unggul ketimbang Ekuador jika melihat jumlah selisih gol. Namun, penghitungan klasemen saat itu belum menggunakan sistem selisih gol. Kedua tim yang imbang identik seperti Cile dan Ekuador diwajibkan untuk menggelar laga ulang.

Pertandingan ulang antara Cile dan Ekuador berlangsung di tempat netral yang berlokasi di Lima, Peru. Saat itu, Lionel Sanchez berhasil mencetak gol pembuka untuk Cile pada menit ke-16, kemudian  Ruben Marcos membuat kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-40.

Ekuador sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-89. Namun gol tersebut hanya bermanfaat sebagai gol penghibur. Cile lantas memastikan tiket menuju Eropa setelah menaklukkan Ekuador dengan skor, 2-1.

Kemenangan atas Ekuador memang merupakan sejarah tersendiri bagi sepak bola Cile. Namun, tren positif itu tidak terbawa di ajang Piala Dunia 1966 karena mereka tereliminasi sebagai juru kunci di fase grup. (tdifh)

 


(KAU)

Video /