Pada Hari Ini

1990: Ketika Kamerun Mempermalukan Argentina di Piala Dunia

Alfa Mandalika    •    08 Juni 2017 06:00 WIB
pada hari ini
1990: Ketika Kamerun Mempermalukan Argentina di Piala Dunia
Suasana gol Francois Omam-Biyik ke gawang Argentina. (Foto: Ist)

Metrotvnews.com: Setiap perhelatan Piala Dunia digelar, negara dari Afrika boleh dibilang tidak diperhitungkan. Selain karena liga-liganya dinilai tidak kompetitif, komposisi pemainnya juga kalah mentereng jika dibandingkan negara Amerika Latin atau Eropa.

Maka tak heran, setiap negara Afrika menembus putaran final Piala Dunia, mereka tak dijagokan. Namun, ada kejadian mengejutkan pada Piala Dunia 1990 di Italia. Tepat pada hari ini, 8 Juni 1990, Kamerun yang tak diunggulkan mampu membungkam juara bertahan, Argentina pada laga perdana penyisihan grup.

Ya, mereka tampil solid sejak menit awal sehingga mampu membongkar pertahanan Tim Tango. Bermaterikan pemain yang ada, Kamerun sukses meredam setiap serangan yang dilancarkan Diego Maradona dan kolega.

Baca: Juventus Perpanjang Kontrak Massimiliano Allegri


Justru, Kamerun mencuri gol terlebih dahulu lewat aksi sundulan Francois Omam-Biyik. Kemenangan 1-0 pun bertahan sampai pertandingan usai.

Kemenangan ini tentu menjadi bukti bahwa negara Afrika bisa berbicara di level internasional. Sebab, pada ajang Piala Dunia sebelum-sebelumnya, negara Afrika urung meraih kemenangan.

Baca: Niat Torino Pagari Belotti dari Rayuan MU dan Milan


Kemudian, Kamerun akhirnya lolos dari penyisihan grup dan menembus perempat final. Sayang, aksi The Indomitable Lions terhenti lantaran dikalahkan oleh Inggris, 3-2.

Di sisi lain, Argentina mampu melaju sampai ke babak final. Namun, Argentina menyerah dari Jerman Barat dengan skor tipis 1-0. (TDIFH) 

Video: Manchester United Dinobatkan Jadi Klub Terkaya di Dunia
 


(ASM)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

17 minutes Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /