Bentrok Suporter Lyon dan Besiktas

Bentrok Suporter Lyon-Besiktas Jadi Insiden Ketiga Kompetisi Eropa Pekan Ini

Rendy Renuki H    •    14 April 2017 10:15 WIB
liga europa 2016--2017
Bentrok Suporter Lyon-Besiktas Jadi Insiden Ketiga Kompetisi Eropa Pekan Ini
Suasana Parc Olympique Lyonnais saat terjadi keributan antara fan tuan rumah dengan pendukung Besiktas (PHILIPPE DESMAZES / AFP)

Metrotvnews.com, Lyon: Belum usai teror ledakan yang terjadi di kota Dortmund jelang laga perempat final Liga Champions, kompetisi Eropa kembali dicoreng insiden kurang mengenakkan. Kini, giliran Liga Europa yang mengalami insiden dengan bentrokan hebat suporter Olympique Lyon dan Besiktas. 

Bentrokan yang terjadi di dalam Parc Olympique Lyonnais jelang dimulainya leg pertama perempat final Liga Europa membuat kick-off harus ditunda beberapa saat. Pasalnya, bentrokan yang terjadi antara kedua suporter tersebut tumpah hingga ke tengah lapangan.

Ribuan suporter kedua tim mulai berkelahi saat tim kesayangan masing-masing sedang melakukan pemanasan di lapangan. Kedua suporter pun tampak saling balas melempar beberapa benda dan flare yang berujung bentrok hingga tengah lapangan.

(Baca: Data dan Fakta Usai MU Gagal Tundukkan Anderlecht)


Insiden itu membuat Kepala Komunikasi Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) PEdro Pinto memutuskan menunda kick-off. Awalnya, laga yang dimenangkan Lyon 2-1 ini dimulai pukul 20:05 waktu setempat, dan kemudian diundur menjadi 20:51 waktu setempat.

Menurut laporan yang beredar dari media setempat, kerusuhan diawali dari suporter Besiktas yang melempari pendukung Lyon dengan beberapa proyektil mudah terbakar. Kerusuhan yang berujung adu jotos pun tak terhindarkan di tribun hingga ke dalam lapangan.

Beruntung kepolisian setempat berhasil mengendalikan keadaan. Sehingga pertandingan leg pertama perempat final Liga Europa antara Lyon dan Besiktas pun tetap digelar.

Kerusuhan ini menjadi insiden ketiga yang mencorang kompetisi Eropa pekan ini. Sebelumnya, teror ledakan yang diduga bom menyerang tiga titik kota Dortmund jelang leg pertama perempat final Liga Champion antara Borussia Dortmund kontra AS Monaco, Rabu 12 April.
  Bek Dortmund Marc Bartra menjadi korban dalam teror ledakan tersebut. Pergelangan tangannya terkena serpihan ledakan yang mengenai bus rombongan pemain Dortmund yang hendak bertolak ke Signal Iduna Park.

Insiden di perempat final Liga Champions lainnya menimpan laga Atletico Madrid kontra Leicester City, Kamis 13 April. Fan The Foxes terlibat bentrok di kota Madrid dan membuat delapan suporter Liecester ditangkap pihak berwenang.

Terakhir, bentrokan antara suporter Lyon dan Besiktas membuat UEFA harus kembali melakukan investigasi. Padahal, mereka masih harus menyelesaikan pemeriksaaan terhadap kasus di Dortmund dan Madrid. (Sportsmole)

Video: Borussia Dortmund Kecewa dengan Keputusan UEFA
 


(REN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

2 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /