Indonesia vs Kamboja

Timnas Senior Indonesia Bungkam Kamboja

Patrick Pinaria    •    04 Oktober 2017 23:51 WIB
timnas indonesialaga uji coba
Timnas Senior Indonesia Bungkam Kamboja
Timnas Indonesia sukses menaklukkan Kamboja dengan skor 3-1 (Foto: MTVN/Kautsar Halim)

Metrotvnews.com, Bekasi: Timnas senior Indonesia sukses menaklukkan Kamboja dengan skor 3-1 pada laga uji coba, Rabu 10 Oktober. Ketiga gol Garuda diciptakan Lerby Eliandri, Rezaldi Hehanusa, dan Septian David Maulana.

Indonesia tampil dengan sejumlah pemain muda pada laga yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga itu. Di antaranya adalah Febri Haryadi, Septian David Maulana, dan Lerby Eliandri.

Sementara pemain-pemain andalan seperti Irfan Bachdim, Stefano Lilipaly, Evan Dimas Darmono, dan Rizky Pora duduk di bangku cadangan.

Meski demikian, Indonesia tetap mampu menunjukkan permainan agresif dan dominan. Sedangkan tim tamu, Kamboja tampak kesulitan menembus pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-11, Indonesia mendapat kans lewat Lerby. Ia melepaskan tembakan keras setelah menerima umpan dari sisi kanan. Namun, tembakannya masih bisa ditepis kiper Kamboja Sou Yaty.

Baca: 5 Pemain yang Mungkin Diboyong Barcelona pada Januari 2018

Indonesia mendapat peluang emas pada menit ke-18. Ketika itu, Septian sukses melepaskan tembakan yang berhasil diblok Yaty. 

Kemudian, bola kembali ke kaki Septian. Akan tetapi, ia gagal memanfaatkan peluang keduanya karena tembakannya terlalu keras dan melambung dari gawang.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta pada menit ke-32. Saat itu, Indonesia sukses membuka keunggulan lewat Lerby setelah memanfaatkan umpan dari tendangan sudut yang dilepaskan Febri.

Indonesia tak butuh lama untuk menambah keunggulan. Selang dua menit, mereka sukses membobol gawang Kamboja lewat Rezaldi Hehanusa. 

Andik Vermansyah mengawali serangan Indonesia dari sisi sayap kiri. Kemudian, ia melepas umpan yang berhasil diteruskan Rezaldi. Bola sempat diblok, namun kembali memantul ke Rezaldi sehingga masuk ke dalam gawang Kamboja.

Gol ini terasa istimewa bagi Rezaldi. Sebab, ini merupakan gol perdananya bersama timnas Indonesia senior.

Indonesia nyaris menambah keunggulan pada masa injury time. Sayangnya, tendangan Febri dari dalam kotak penalti hanya menyambar tiang gawang. Keunggulan 2-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Unggul dua gol, pelatih Indonesia Luis Milla mencoba untuk melakukan penyegaran di skuatnya. Ia mengoba memasukkan Ilham Udin dan Fadhil Sausu untuk menggantikan M. Taufiq dan Andik pada babak kedua.

Namun, kehadiran kedua pemain tersebut tak langsung memberikan efek yang signifikan untuk Indonesia. Tim Garuda justru sempat dikejutkan gol balasan Kamboja pada menit ke-48.

Gol Kamboja diciptakan oleh Chan Vathanaka. Ketika itu, ia sukses memanfaatkan terobosan dengan tembakan keras yang tak bisa dibendung kiper Indonesia Andritany.

Namun, Indonesia tidak langsung membiarkan Kamboja memanfaatkan momentum kebangkitan mereka. Tim besutan Luis Milla itu sukses mencetak gol balasan pada menit ke-49 lewat Septian David.

Kamboja kembali meningkatkan serangan mereka usai kebobolan. Sejumlah peluang berhasil didapatkan mereka lewat Keo. Akan tetapi, upaya-upayanya belum mampu menghasilkan gol untuk Kamboja.

Baca: Ini Hal yang Membuat Kamboja Takluk dari Timnas U-19

Milla kembali melakukan pergantian pada menit ke-64. Ketika itu, ia memasukkan Evan Dimas dan Irfan Bachdim.

Masuknya kedua pemain tersebut memberikan efek positif bagi Indonesia. Mereka tampak lebih agresif. Namun, tidak ada satu pun gol tambahan diciptakan.

Melihat hal itu, Milla lagi-lagi memasukkan pemain pengganti. Di antaranya adalah Stefano Lilipaly dan Rizky Pora. 

Lilipaly langsung ingin menunjukkan kontribusi apiknya setelah masuk. Pada menit ke-84, ia menciptakan peluang dengan melepaskan tembakan keras. Beruntung, bola masih bisa diblok bek Kamboja.

Indonesia terus melancarkan serangan ke pertahanan Kamboja. Akan tetapi, mereka gagal menciptakan gol tambahan hingga laga usai. Skor 3-1 untuk kemenangan Indonesia bertahan.

Susunan Pemain:

Indonesia: Andritany, Beny Wahyudi, Achmad Jufriyanto, Fachrudin Aryanto (kapten), Rezaldi Hehanusa, Taufiq, Bayu Pradana, Septian David, Andik, Febri, Lerby

Kamboja: Sou Yaty, Nen Sothearoth, Rous Samoeun, Soeuy Visal, Chum Pisa, Keo Sokpheng, Chan Vathanaka, Tit Dina, Chin Chheoeun, Sos Suhana, Bin Chanthacheary.


Video: Generasi Baru Bulu Tangkis Indonesia, Jonatan Christie & Anthony Ginting (2)

 


(ACF)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

23 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /