Real Madrid Punya Skuat Paling Berharga di Dunia

Achmad Firdaus    •    06 September 2017 23:09 WIB
real madrid 2017--2018
Real Madrid Punya Skuat Paling Berharga di Dunia
Marcelo, Ronaldo, dan Sergio Ramos memamerkan trofi yang diraih Madrid musim lalu jelang laga kontra Valencia di La Liga (Foto: AFP PHOTO / CURTO DE LA TORRE)

Metrotvnews.com, Madrid: Kesuksean Real Madrid mencetak rekor sebagai tim pertama yang sukses meraih back to back juara di Liga Champions memberikan dampak besar. Salah satunya meningkatnya nilai jual klub.

Menurut lansiran Transfermarkt, skuat Madrid di musim 2017--2018 yang bermaterikan 23 pemain, memiliki nilai jual mencapai 743,80 juta Euro atau setara Rp11,8 triliun. Nilai skuat Madrid mengungguli Barcelona yang berada di posisi kedua dengan nilai jual skuat 706,50 juta Euro (Rp11,2 triliun).

Angka di atas sedianya mengalami penurunan karena di bursa transfer musim panas kemarin Madrid harus kehilangan dua bintangnya, yakni Alvaro Morata dan James Rodriguez. Meski begitu, Madrid masih tetap berhasil mencatatkan diri sebagai klub dengan nilai skuat paling mahal di dunia. 

Cristiano Ronaldo masih jadi pemain dengan nilai jual paling tinggi di kubu El Real. Meski usia Ronaldo telah menginjak kepala tiga, namun Transfermarkt menilai bahwa nilai jual CR7 masih berada di angka 100 juta Euro. Gareth Bale dan Toni Kroos berada di posisi dua dan tiga dengan nilai jual sekitar 80 dan 70 juta Euro.
 

Baca: Cristiano Ronaldo Pamer Ferrari Terbaru Miliknya


Masih menurut analisis Transfermarkt, dari total 23 pemain yang dimiliki Madrid, hanya dua pemain yang nilai jualnya mengalami penurunan yaitu Luka Modric dan Gareth Bale. Bale yang diboyong Madrid dengan mahar 91 juta Euro, kini harga pasarannya turun ke angka 78 juta Euro. Nilai jual keduanya menurun karena kerap dibekap cedera.

Selain itu, mayoritas pemain Madrid lainnya mengalami peningkatan nilai jual. Salah satunya adalah Marco Asensio yang dalam dua musim terakhir namanya mulai meroket. Nilai jual Asensio kini menembus angka 30 juta Euro, atau naik sekitar 10 juta Euro dari nilai jual sebelumnya.
 

Baca juga: Mourinho: MU Untung Selesaikan Belanja Pemain Sebelum Transfer Neymar 


Masa depan Madrid juga terlihat cukup cerah di tangan Zinedine Zidane. Tak hanya piawai dalam meracik strategi, legenda hidup sepak bola Prancis ini juga tak melupakan pembinaan. Keputusan Zidane mempromosikan Asensio (21) serta merekrut pemain muda seperti Theo Hernandez (19) dan Dani Ceballos (21) membuat Madrid kini tampak lebih segar. Rataan usia pemain Madrid saat ini adalah 25,9 tahun, atau yang termuda dari 10 klub teratas di daftar klub paling berharga di dunia.

Sementara itu, Chelsea mengungguli Manchester United sebagai klub dengan nilai skuat paling tinggi di Inggris. The Blues menduduki posisi tiga dengan nilai skuat mencapai 614,40 juta Euro (9,7 triliun) atau berselisih sekitar 46 juta Euro dari nilai skuat United yang berada di posisi enam.

Berikut daftar 10 klub paling berharga di dunia versi Transfermarkt:

Video:
 PSSI Minta Pengamanan Timnas Kepada KBRI Myanmar
 


(ACF)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /