Apa yang Dibahas dalam Pertemuan PSSI - Asosiasi Sepak Bola Jerman?

Patrick Pinaria    •    23 Mei 2018 18:30 WIB
pssi
Apa yang Dibahas dalam Pertemuan PSSI - Asosiasi Sepak Bola Jerman?
Sekjend PSSI, Ratu Tisha. (Foto: Ant/Fikri Yusuf)

Jakarta: PSSI kembali menggelar workshop dengan pihak Asosiasi Sepak bola Jerman (DFB) di Jakarta, Rabu 23 Mei. Perkembangan edukasi dalam kepelatihan di Tanah Air menjadi fokus pembahasan kedua asosiasi dalam pertemuan yang bertajuk Sports for Development.

Terdapat sejumlah perwakilan penting hadir dalam pertemuan yang digelar di Hotel Sultan, Jakarta itu. Selain pihak PSSI dan DFB, ada juga perwakilan dari FIFA, AFC, dan juga Asosiasi Sepak bola Australia (FFA) yang terlibat dalam pertemuan itu.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha mengaku, pihaknya fokus membahas perkembangan edukasi untuk kepelatihan di sepak bola Indonesia. Terutama untuk lisensi kepelatihan yang sedang digodok PSSI, yakni lisensi D.

Baca: Unai Emery, Arsitek Anyar Arsenal


"Workshop selama tiga hari ini, khusus berdiskusi mengenai improvement D lisence yang sudah kita punya. Seperti kita ketahui, PSSI pada 2017, meningkatkan jumlah pelatih lebih dari dua kali lipat di area D lisence. D lisence PSSI ini, khusus berbicara untuk akar permasalahan dari mulai enam hingga 12 tahun," ujar Tisha di sela-sela pertemuan dengan pihak DFB, Jakarta, Rabu 23 Mei 2018.

"Jadi, kita meminta masukan dari mereka apakah lisensi D yang sudah kita punya sudah cukup baik untuk menuju elite level atau pun mengembangkan karakter dan social skill dari anak-anak," lanjutnya.

"Di sini, DFB dan FFA juga akan sharing mengenai apa saja upgrade kurikulum-kurikulum D lisence PSSI yang perlu ditingkatkan sehingga nantinya kita akan membuat project di dua provinsi," tutur Tisha.

Workshop digelar selama tiga hari, yakni pada 23-25 Mei. Hari pertama, mereka membahas pengenalan tentang Sport For Development dengan objektif memperkenalkan peserta pada metode Sport for Development (teori dan praktek), mengumpulkan komponen kunci dan struktur bentuk metode rencana Sport for Development.

Hari kedua, DFB akan memberikan materi mengenai konten komponen kunci kepelatihan. Sedangkan pada hari terakhir, PSSI akan diperkenalkan dengan materi mengenai rencana manajemen proyek dan test. Dalam materi tersebut juga dibahas mengenai peran dan tanggung jawab pelatih dalam Sport for Development juga ada penutupan dan finalisasi langkah selanjutnya.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

Video: Paul Pogba Nikmati Ramadan di Tanah Suci


(ASM)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /