Jelang Piala AFF 2018

Tak Ada Pemain Papua di Timnas, Ini Jawaban Bima Sakti

A. Firdaus    •    05 November 2018 16:53 WIB
timnas indonesiapiala aff
Tak Ada Pemain Papua di Timnas, Ini Jawaban Bima Sakti
Bima Sakti saat menangani timnas U-19, Maret lalu (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta: Beberapa kritikan langsung menimpa Bima Sakti tentang pemilihan skuat Timnas Indonesia yang akan bertanding di Piala AFF 2018. Salah satunya mengenai tak adanya pemain asal Papua dalam Skuat Garuda kali ini.

Dari 23 pemain yang ia siapkan, tak ada nama Boaz Solossa yang memiliki pengalaman di kancah internasional, seperti Piala AFF. Tak ada pula nama Yanto Basna.

"Saya mohon maaf kalau AFF kali ini tak ada pemain Papua. Tapi tidak ada tujuan lain, semuanya demi tim dan saya menilai di Papua juga banyak pemain bagus," ujar Bima Sakti.

Meski demikian, Bima Sakti sempat menimbang nama Rivaldo Todd Ferre. Tapi ia menganggap pemain timnas U-19 itu butuh proses lebih dulu demi menembus skuat senior.

"Saya juga sempat tertarik dengan Todd karena saya juga yang pilih dia waktu saya memegang timnas U-19. Tapi saya ingin menjaga karier dia. Dia masih umur 19 tahun kalau terlalu cepat naik ke timnas senior. Apalagi namanya juga belum saya masukkan ke 50 nama, tapi saya pikir banyak pemain-pemain bagus," jelasnya.

Indonesia akan memainkan laga perdana Grup B di Piala AFF 2018 ini dengan menyambangi markas Singapura, Jumat 9 November. Selain Singapura, Hansamu Yama dan kawan-kawan juga akan satu grup dengan Thailand, Timor Leste, dan Filipina.

Kalahkan Korsel, Timnas Arab Saudi Juarai Piala Asia U-19 2018



(ACF)


Video /