Buntut Suporter Ricuh, Final Copa Libertadores Pindah ke Spanyol

Kautsar Halim    •    30 November 2018 15:40 WIB
copa libertadoresliga dunia
Buntut Suporter Ricuh, Final Copa Libertadores Pindah ke Spanyol
Para suporter River Plate. (ALEJANDRO PAGNI / AFP)

Asuncion: Final leg kedua Copa Libertadores yang mempertemukan River Plate kontra Boca Juniors telah diputuskan bakal bergulir di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol. Informasi itu disampaikan oleh Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL), Kamis 29 November waktu setempat.
 
Leg 2 final Copa Libertadores yang merupakan kompetisi sepak bola Argentina dipindahkan karena adanya insiden kericuhan yang dilakukan salah satu kubu suporter, Sabtu 24 November lalu. Saat itu, suporter River Plate menyerang bus rombongan skuat Boca Juniors beberapa jam jelang laga. 

Federasi sepak bola setempat sempat menyarankan agar leg 2 final tetap bergulir di Stadion River's Monumental pada sehari berikutnya atau Minggu 25 November. Tapi kubu Boca Juniors menolaknya karena para pemain mereka masih trauma atas kekerasan fisik dan mental atas insiden penyerangan bus itu.

Klik: Kemenpora Bakal Gelar Turnamen Sepak Bola Usia Muda

Setelah seluruh pihak yang terkait menggelar pertemuan dengan CONMEBOL, pertandingan yang leg pertamanya berakhir dengan skor imbang 2-2 itu diputuskan tidak bergulir di Argentina. Mereka sepakat laga itu berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu yang merupakan markas Real Madrid pada Minggu 9 Desember pukul 20.30 waktu setempat. 

"Siapapun yang menghargai permainan indah tahu bahwa pertandingan sepak bola bukan hanya tentang kemenangan dan kekalahan. Apa lagi jika ada yang harus terbunuh atau meninggal," ujar presiden CONMEBOL, Alejandro Dominguez.

"Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada perdana menteri Spanyol Pedro Sanchez, Presiden FIFA Gianni Infantino, Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan teman baik saya Florentino Perez selaku presiden Real Madrid," tambahnya.

Klik: Callum Hudson-Odoi Belum Siap Bermain di Liga Inggris

River Plate dan Boca Juniors memiliki suporter fanatik karena keduanya merupakan klub paling bersejarah di Argentina. Selain itu, mereka juga baru pertama kali bentrok di final Copa Libertadores yang levelnya setara dengan event Liga Champions di Eropa.  

Kedua belah suporter akan mendapat jatah tiket yang sama berdasarkan kapasitas stadion Santiago Bernabeu yang memiliki 81 ribu kursi. Pedro Sanchez selaku perdana menteri Spanyol meyakinkan publi bahwa keamanan dalam laga itu akan diperketat.

"Pihak keamanan kami sudah berpengalaman untuk mengawal situasi seperti ini. Mereka akan melakukan tugasnya dengan baik agar jalannya pertandingan tetap aman," kata Sanchez. 




(KAU)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /