Jelang Timnas Indonesia vs Islandia

Waspadai Penyerang Islandia, Timnas Fokus Benahi Pertahanan

Kautsar Halim    •    12 Januari 2018 23:18 WIB
timnas indonesialaga uji cobatimnas islandia
Waspadai Penyerang Islandia, Timnas Fokus Benahi Pertahanan
Asisten pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti memberikan keterangan pers usai latihan timnas jelang laga kontra Islandia (Foto: medcom.id/Kautsar Halim)

Jakarta: Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla, menyadari besarnya kekuatan timnas Islandia. Oleh karena itu, ia langsung menginstruksikan anak-anak asuhnya untuk memperkuat pertahanan.

Taktik untuk memperkuat pertahanan menjadi menu utama dalam sesi latihan timnas. Latihan tersebut berlangsung di Lapangan Sepak Bola ABC, Jakarta, Jumat 12 Januari.

Berdasarkan pantauan medcom.id, sesi latihan tersebut berlangsung sekitar satu setengah jam sejak pukul 17.00 WIB. Dalam kurun waktu itu, skuat Garuda memang lebih banyak diinstruksikan untuk melakukan simulasi pertandingan.

Bima Sakti yang menjadi asisten pelatih mengatakan bahwa taktik yang sedang dikembangkan timnas saat latihan adalah strategi untuk mempertebal pertahanan. Itu diinginkan Milla karena strategi menyerang Islandia sangat berbahaya. 

"Tadi latihan taktik saja dan coach Milla fokus pada pertahanan. Itu dia lakukan karena melihat permainan Islandia yang sangat kuat di area penalti," ujar Bima dalam jumpa pers usai latihan.
 

Baca: Andik: Meski Sulit, Timnas Tetap Punya Peluang Kalahkan Islandia!


"Milla ingin pemain belakang cepat naik ketika bola berada di depan karena striker Islandia tinggi. Jadi permainan kami nanti terfokus atau jangan hanya melihat bola saja, tetapi waspadai lawan juga," tambahnya.

Meski Islandia tergolong lawan berat, Bima tetap mengatakan bahwa target timnas timnas adalah meraih kemenangan. Kendati demikian, sekalipun kalah juga bisa ditolerir apabila timnas mampu tampil maksimal.

"Kami selalu ingin hasil maksimal dan bisa menang dalam tiap pertandingan. Tapi yang penting adalah bagaimana kami bisa bermain baik untuk menghasilkan kemenangan itu," kata Bima.

Sementara itu, jajaran pelatih juga disebutkan Bima belum memiliki nama-nama yang akan diturunkan sebagai starter. Pasalnya, timnas Indonesia masih memiliki jadwal latihan satu kali lagi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu 13 Januari.
 

Baca juga: Presiden Jokowi akan Resmikan Renovasi SUGBK


"Pastinya kami akan melihat siapa saja yang lebih siap dan kondisinya lebih baik, Kami akan lihat itu dalam latihan besok," tutup Bima.

Sebelum menghadapi timnas Indonesia, Islandia berhasil menaklukkan Indonesia Selection di Stadion Maguwoharjo pada Jumat 11 Januari lalu. Saat itu, Islandia menang telak dengan skor 6-0.

Harapan besar menggantung di bahu timnas Indonesia agar tidak ikut dibantai Islandia. Sebab, pertandingannya akan berlangsung di Stadion SUGBK yang baru selesai direnovasi. 

Video: ?Menengok Kemegahan Gelora Bung Karno Pasca Renovasi



(ACF)


Video /