Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa

Fakta Menarik Islandia, Negara Debutan di Piala Dunia 2018

Alfa Mandalika    •    10 Oktober 2017 12:25 WIB
kualifikasi piala dunia 2018
Fakta Menarik Islandia, Negara Debutan di Piala Dunia 2018
Penggawa Islandia merayakan keberhasilan lolos ke Piala Dunia 2018. (Foto: AFP/Haraldur Gudjonsson)

Metrotvnews.com, Jakarta: Islandia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Prestasi itu menjadi tonggak sejarah bagi persepakbolaan Islandia.

Sebelumnya, Islandia telah membuka mata dunia dengan menjadi perempat finalis di Piala Eropa 2016. Mereka membuktikan, dengan populasi 350.000 jiwa bisa tampil apik di pentas internasional.

Terkini, Gylfi Sigurdsson dkk memimpin klasemen Grup I dan berhak lolos ke Piala Dunia 2018 dengan mengemas 22 poin. Mereka unggul dua poin atas Kroasia yang notabene punya pengalaman lebih sering tampil di Piala Dunia.

Sebelum menyaksikan Islandia berlaga di Piala Dunia, ada baiknya kita menyaksikan sejumlah fakta menarik tentang Islandia:

Baca: Gunarsson Disebut Mirip Pele dan Maradona


- Islandia memiliki populasi penduduk tak lebih dari 350.000 jiwa. Hal itu membuat Islandia menjadi peserta Piala Dunia dengan penduduk paling sedikit. Sebelumnya, negara terkecil yang pernah mencapai putaran final adalah Trinidad and Tobago dengan jumlah 1,3 juta penduduk di Piala Dunia 2006.

- Islandia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Itu terlihat dari progres yang ditunjukkan selama lima tahun terakhir. Islandia berada di posisi 131 dunia pada 2012. Lima tahun kemudian, mereka lolos kualifikasi dan berhak tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia.

- Islandia dilatih oleh Heimir Hallgrimsson seorang dokter gigi paruh waktu.

- Federasi sepak bola Islandia fokus mengembangkan kualitas pelatih. Islandia menawarkan kursus dengan harga murah bagi siapa saja yang tertarik untuk menjadi pelatih sepak bola. Dari 334.252 jiwa, ada sekitar 700 orang yang memiliki lisensi  A dan B untuk melatih tim sepak bola dari UEFA. Hal ini memudahkan untuk mencari generasi baru karena mereka sudah siap dengan pelatih yang mumpuni.

Baca: Lolos ke Piala Dunia, Dongeng Islandia Berlanjut


- Islandia juga membangun lebih dari 100 stadion dengan fasilitas nomor wahid. Mereka ingin memastikan setiap pemain muda punya fasilitas untuk bermain sepak bola. Proyek ini sudah dipersiapkan sejak lama dan hasilnya Islandia berhasil menembus Piala Dunia.

- Islandia tidak canggung dengan komposisi pemain yang ada. Meski para pemainnya sangat minim membela tim-tim papan atas liga di Eropa, mereka tetap tampil atraktif. Dari 23 pemain yang ada di bawah arahan Hallgrimsson hanya ada tiga pemain yang bermain di liga top Eropa. Selebihnya, ada yang bermain di divisi dua Inggris dan bermain di liga Swedia. Meski begitu, mereka tetap bisa mencatatkan sejarah.

Video: Warga Mesir Rayakan Kemenangan Sang Firaun


(ASM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

21 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /