Pada Hari Ini

1989: Pesepak Bola Kulit Hitam Pertama Timnas Inggris Meninggal Dunia

Patrick Pinaria    •    15 Juli 2017 11:01 WIB
pada hari ini
1989: Pesepak Bola Kulit Hitam Pertama Timnas Inggris Meninggal Dunia
Laurie Cunningham (Foto: BobbyFC)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 15 Juli 1989 atau 28 tahun silam menjadi kisah kelam bagi dunia sepak bola, terutama bagi persepak bolaan Inggris. Sebab, mereka harus kehilangan pemain kesayangan mereka Laurie Cunningham yang meninggal dunia karena mengalami kecelakaan mobil di Madrid.

Cunningham memang sangat berjasa dan inspirasi bagi sepak bola Inggris, terutama bagi pemain kulit hitam hingga saat ini. Bagaimana tidak. Sebab, ia menjadi pionir pemain kulit hitam yang memperkuat timnas Inggris.

Berbagai pertimbangan tentu timnas Inggris memanggil Cunningham. Salah satunya adalah performa impresif dan pengalamannya bermain di klub-klub profesional.

Baca: Resmi, Milan Rekrut Bonucci dari Juventus

Cunningham mengawali kariernya bersama salah satu klub di Inggris, Leyton Orient. Ia membela Orient selama tiga musim sebelum pindah ke West Bromwich Albion pada 1977.

Cunningham bergabung ke West Brom bersama dua pemain hitam lainnya, Cyrille Regis dan Brendon Batson. Ini merupakan pertama kalinya bagi West Brom sebagai tim Inggris yang memboyong pemain kulit hitam.

Selama memperkuat West Brom, Cunningham mampu menunjukkan performa impresif. Berkat penampilan impresifnya itu, Cunningham dipanggil memperkuat timnas Inggris U-21 pada 1977.

Karier Cunningham pun semakin meroket. Ia bahkan dipanggil memperkuat timnas senior Inggris pada 1979. Hal tersebut membuat Cunningham menjadi pemain kulit hitam pertama bisa membela timnas Inggris.

Musim 1979 menjadi periode terbaik bagi Cunningham. Saat itu, ia diboyong Real Madrid dengan nilai transfer 950 ribu poundsterling.

Bergabung dengan Madrid tentu terasa istimewa bagi Cunningham. Ia menjadi pemain Inggris pertama yang diboyong Los Blancos.

Cunningham langsung tak menyia-nyiakan kesempatan usai bergabung dengan Madrid. Ia pun mampu memberikan kesan positif untuk Madrid dalam memulai debutnya ketika menghadapi Valencia. Pada laga tersebut, ia sukses mencetak dua gol untuk Los Blancos.

Berbagai kontribusi apik pun diberikan Cunningham untuk Madrid. Termasuk menghadapi Barcelona pada laga kedua pada musim 1979--1980. Meski tidak mencetak gol, ia mampu membawa Los Blancos meraih kemenangan dengan skor 2-0.

Pada musim itu, Cunningham juga sukses membawa Madrid meraih dua gelar. Di antaranya adalah La Liga Spanyol dan Copa Del Rey. Musim berikutnya, Cunningham berhasil membawa Madrid menjadi runner-up Liga Champions.

Baca: Wenger Optimistis Sanchez Bertahan di Arsenal

Namun, kisah manis Cunningham bersama Madrid mulai luntur setelah sang pemain mengalami cedera. Ia pun mengalami penurunan performa sehingga harus dibuang ke Manchester United dengan status pinjaman pada musim 1982--1983.

Kemudian, Cunningham melanglang buana ke berbagai klub. Di antaranya adalah Sporting Gijon, Olympique Marseille, Leicester City, Rayo Vallecano, Wimbledon, dan Charleroi.

Usai mengalami karier yang pasang surut, Cunningham akhirnya harus mengalami kisah tragis pada 15 Juli 1989. Ketika itu, ia harus mengalami kecelakaan mobil di Madrid yang merenggut nyawanya. Saat itu, ia berseragam Vallecano. (TDIFH)


Video: Debut Manis Rooney Bersama Everton

 


(PAT)

Video /