Jelang Piala Dunia 2018 Rusia

Mengupas Skuat Inggris di Piala Dunia 2018

Rendy Renuki H    •    05 Juni 2018 11:27 WIB
piala dunia 2018
Mengupas Skuat Inggris di Piala Dunia 2018
Para penggawa Timnas Inggris usai uji coba kontra Nigeria (AFP PHOTO / Ben STANSALL)

London: Piala Dunia 2018 di Rusia menjadi kesempatan ke-15 kalinya bagi Inggris mengikuti ajang tersebut. The Three Lions pun telah resmi merilis 23 pemain untuk tampil di turnamen yang dimulai 14 Juni.

Kandas di babak 16-besar Piala Eropa 2016, Inggris langsung bebenah. Langkah awal mereka yakni memanggil pelatih baru Gareth Southgate menggantikan Roy Hodgson.

Minim pengalaman melatih di level internasional, rapor Southgate malah terbilang bagus. Eks pemain Middlesbrough itu baru menelan dua kali kekalahan dari 19 laga sejak menggantikan Hodgson Juni 2016 lalu.

Klik: Falcao dan Rodriguez Masuk Skuat Final Kolombia untuk Piala Dunia 2018


Sisanya, Southgate mampu mengamankan 10 kemenangan dan tujuh hasil imbang. Termasuk torehan tak terkalahkan di fase Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa dengan delapan kemenangan dan dua imbang.

Inggris pun masuk putaran final Piala Dunia 2018 tergabung di Grup G. The Three Lions akan bersaing dengan Belgia, Panama, dan Tunisia di grup tersebut.

Southgate pun terbilang cukup berani dalam memilih 23 pemain skuat final Inggris. Pelatih 47 tahun itu banyak mempercayakan para pemain muda di timnya saat ini.

Beberapa diantaranya bahkan akan menjalani debut bersama Timnas Inggris di ajang resmi. Sebut saja dua kiper muda Nick Pope dan Jordan Pickford, hingga gelandang masa depan Inggris, Roben Loftus-Cheek.

Sementara, nama-nama warisan dari skuat Hodgson banyak yang dicoret. Termasuk pencoretan Joe Hart yang kerap menjadi langganan kiper utama Inggris.

Lebih mengejutkan tentunya adalah pemilihan kiper utama Inggris yang jatuh kepada Jack Butland. Bukan tanpa sebab, posisi kiper utama Inggris rasanya lebih elok di berikan kepada Nick Pope.

Hal itu mengacu dari pencapaian timnya, Burnley, yang mampu melejit musim ini dengan finis di posisi tujuh. Berbanding dengan Butland yang dipastikan terdegradasi bersama Stoke City.

Komposisi pemain pun banyak didominasi para pemain Liga Primer Inggris. Tottenham Hotspur menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemain dengan lima orang.

Sedangkan tim juara Manchester City menyumbang empat pemain ke dalam Timnas Inggris. Jumlah yang sama dengan Manchester United yang juga mengirimkan empat penggawa mereka.
 
Skuat Inggris:

Kiper: Jack Butland, Jordan Pickford, Nick Pope

Bek: Gary Cahill, John Stones, Phil Jones, Harry Maguire, Kyle Walker, Danny Rose, Kieran Trippier, Trent Alexander-Arnold.

Gelandang: Eric Dier, Jesse Lingard, Jordan Henderson, Fabian Delph, Ashley Young, Dele Alli, Ruben Loftus-Cheek.

Penyerang: Harry Kane, Raheem Sterling, Jamie Vardy, Danny Welbeck, Marcus Rashford

Statistik Inggris di era Gareth Southgate:
Menang 10 
Imbang 7 
Kalah 2 
Memasukkan 25
Kemasukan 11

Distribusi pemain Timnas Inggris:

Tottenham (5 pemain): Danny Rose, Eric Dier, Harry Kane, Kieran Trippier, Dele Alli.
Man City (4): Kyle Walker, JohnStones, Raheem Sterling, Fabian Delph.
MU (4): Jesse Lingard, Phil Jones, Ashley Young, Marcus Rashford.
Liverpool (2): Jordan Henderson, Trent Alexander-Arnold.
Leicester (2): Jamie Vardy, Harry Maguire.
Chelsea (2): Gary Cahill, Ruben Loftus-Cheek.
Arsenal (1): Danny Welbeck.
Everton (1): Jordan Pickford.
Stoke City (1): Jack Butland.
Burnley (1): Nick Pope.

 


(REN)


Video /