10 Penyelamatan Gemilang Kiper-kiper Dunia (Bagian-1)

Krisna Octavianus    •    13 Oktober 2016 15:01 WIB
liga dunia
10 Penyelamatan Gemilang Kiper-kiper Dunia (Bagian-1)
Joe Hart saat melakukan save di laga kontra Slovenia (Foto: talkSPORT)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aksi penyelamatan Joe Hart saat membela tim nasional Inggris menghadapi Slovenia di kualifikasi Piala Dunia 2018 menjadi pembicaraan masyarakat sepak bola dunia. Ia tercatat melakukan beberapa penyelamatan untuk menghindarkan The Three Lions dari kekalahan.

Pencinta sepak bola Inggris terpukau dengan aksi Hart dalam laga itu. Kiper Torino tersebut bahkan melakukan satu penyelamatan gemilang saat pemain Slovenia menyundul bola dalam skema tendangan sudut.

Bola hampir saja masuk, tapi Hart mampu menepisnya. Bahkan, pemain Inggris mengira bola itu sudah masuk dan sempat terdiam sebelum akhirnya Danny Rose menyapu bersih bola itu keluar lapangan.

Tentu, Hart bukan menjadi satu-satunya kiper yang pernah melakukan penyalamatan gemilang. Ada beberapa kiper tangguh lainnya yang pernah melakukannya dan bisa disebut sebagai penyelamatan terbaik di dunia.

Berikut 10 penyelamatan terbaik kiper-kiper dunia:

1. Rene Higuita
Kiper eksentrik ini pernah melakukannya ketika membela Kolombia menghadapi Inggris pada 1995 di Wembley. Ia melakukan penyelamatan bersejarah yang dinamakan Scorpion Kick.



2. Claudio Bravo
Kiper asal Cile ini terkenal sering melakukan penyelamatan hebat. Akan tetapi, yang paling fenomenal adalah ketika ia menepis sundulan Sergio Aguero yang 99 persen masuk dengan jarinya sambil terbang.



3. Manuel Neuer
Sama seperti Bravo, Neuer "rajin" melakukan penyelamatan. Ia melakukannya saat menghadapi Arsenal di ajang Liga Champions. Sundulan Theo Walcott persis di depan gawang mampu ditepis dengan aksi memukau.



4. Gianluigi Buffon
Aksi yang tak akan dilupakan Buffon saat membela timnas Italia pada 1998. Ia "anak baru" di Gli Azzurri saat itu ketika melawan Paraguay dalam laga persahabatan. Bola tendangan pemain Paraguay dihentikan dengan refleks yang hebat oleh Super Gigi.



5. Gregory Coupet
Kiper asal Prancis ini adalah salah satu yang terhebat pada masanya sebelum muncul Hugo Lloris. Penyelamatan yang tak akan dilupakannya adalah ketika membela Lyon melawan Barcelona. Ia melakukan double save dengan kepala dan tangan.

 


(FIR)

Video /